SIMPLY Menghemat Listrik





SIMPLY layanan dari XL yang menghemat listrik.

Palembang, SN

Layanan Sistem Pintar Meter Listrik Prabayar (SIMPLY) dari PT XL Axiata Tbk (XL) mendapatkan apresiasi dari komunitas pelaku bisnis. Akhir Mei 2015 lalu di Bangkok, Thailand, Asia M2M Business Platform, suatu badan organisasi yang menaungi operator telekomunikasi  penyedia solusi M2M platform di Asia secara khusus mengenalkan SIMPLY sebagai salah satu layanan M2M, atau saat ini dikenal sebagai Internet of Things (IoT), yang terbukti mampu menunjukkan manfaat yang besar bagi para pelanggan korporasi. Hanya SIMPLY, layanan dari Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk diperkenalkan di forum tersebut.

Chief Digital Service Officer XL, Yessie D. Yosetya, mengatakan, “SIMPLY yang merupakan inovasi layanan Meter Listrik Pintar Dua Arah berhasil menarik perhatian dunia IoT karena layanan ini terbukti telah banyak membantu meringankan beban biaya operasional perusahaan dan dapat meminimalisir penggunaan listrik yang berlebihan. “Kami pun terus melakukan pengembangan atas layanan ini sehingga bisa memperbesar manfaat sekaligus mempermudah pengembangannya,”ujarnya.

Yessie menambahkan, manfaat dari penggunaan SIMPLY ini telah dirasakan oleh perusahaan infrastruktur, agensi periklanan, jasa perhotelan serta lembaga keuangan perbankan untuk mesin ATM. Dengan adanya layanan SIMPLY, perusahaan dapat mengontrol dan mengatur kuota konsumsi listrik berdasarkan trend penggunaan per bulannya, dapat meminimalkan fraud, dan tidak perlu repot untuk melakukan pengisian pulsa prabayar listrik.

Berkat program sales yang agresif ditambah dengan penambahan fitur baru, hingga Juni 2015, XL IoT sudah berhasil mendistribusikan dan mengaktifkan layanan SIMPLY untuk 36 pelanggan korporat. Pencapaian ini menandakan XL telah memenuhi 70% target pemasangan Meter Listrik Pintar Dua Arah di area wilayah distribusi listrik Jawa dan Bali.

Baca Juga :   Presiden Sebut Krisis Pangan Dunia jadi Peluang RI Buat Lumbung Pangan

SIMPLY terdiri dari meter listrik pintar, modul komunikasi data untuk komunikasi dua arah, serta perangkat telekomunikasi berupa modem dan kartu XL. Saat jumlah kredit listrik pelanggan mencapai nilai minimal, notifikasi dari sistem XL akan menginformasikan status “low credit” secara otomatis ke nomor ponsel pelanggan. Pelanggan kemudian melakukan pembelian token listrik, yang bisa didapatkan dari top up channel yang tersedia (bank, atau modern channel yang menyediakan token listrik prabayar PLN). Saat pelanggan selesai melakukan transaksi pembelian, maka secara otomatis token listrik akan tersimpan di meteran listrik tanpa pelanggan melakukan pengisian secara manual. (ima)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Dirut PLN Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Pastikan Seluruh Sistem Kelistrikan di Bali Andal

Nusa Dua, KoranSN Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo meninjau langsung Posko Utama Kelistrikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!