SMAN 1 & SMAN 17 Implementasi Kurikulum Cambridge



Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Widodo, MPd. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

SMAN 1 dan SMAN 17 Palembang bekerjasama dengan Sampoerna University dalam menerapkan program Cambridge. Kerjasama ini didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan yang selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sumatera Selatan. Sampoerna University merupakan institusi pendidikan tinggi bertaraf internasional yang telah terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa sehingga dapat memenuhi permintaan lulusan berkualitas.

“Kurikulum Cambridge telah diakui secara internasional di 160 negara dan diterapkan di lebih dari 10,000 sekolah di dunia, dimana 200 sekolah di antaranya adalah sekolah di Indonesia. Kurang lebih 20,000 universitas telah mengakui lulusan kurikulum Cambridge, baik di luar maupun di dalam negeri. Kurikulum Cambridge dibuat dan dikembangkan oleh Cambridge Assessment International Education yang berpusat di United Kingdom (UK).

Organisasi ini adalah organisasi internasional yang merupakan bagian dari Cambridge Assessment group di bawah naungan University of Cambridge. Implementasi program Cambridge pada SMAN 1 dan SMAN 17 Sumatera Selatan merupakan langkah awal dalam membentuk ketrampilan berpikir, berkomunikasi, memecahkan masalah, dan keterampilan abad 21 lainnya yang menjadi modal utama siswa untuk bersaing secara global.

Baca Juga :   Rupiah Akhir Pekan Kembali Menguat di Menit-menit Akhir

Upaya Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan ini diharapkan dapat menjadi model strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi daerah lainnya,” ujar Dianindah Apriyani, Senior Country Manager untuk Indonesia dari Cambridge Assessment International Education (CAIE).

Dalam implementasi kurikulum Cambridge, Sampoerna university bersama SMAN 1 dan SMAN 17 Palembang akan membekali siswa/I nya dalam peningkatan kacakapan bahasa, keterampilan Abad 21, dan menyiapkan mereka untuk menghadapi tantangan global. Hal ini menandai pertama kalinya Sampoerna University bekerja sama dengan sekolah negeri unggulan di Palembang dalam memberikan pendampingan penerapan dual kurikulum khususnya implementasi kurikulum Cambridge di Indonesia.

Drs. Widodo, MPd., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan, “Program ini merupakan modal utama bagi siswa/I Palembang untuk melanjutkan studi di berbagai negara. Hal ini akan berdampak pada peningkatan jumlah lulusan internasional yang berasal dari Palembang. Upaya ini adalah sebuah terobosan baru pendidikan di Sumatera Selatan.”

Perjanjian kerjasama antara Sampoerna University dengan SMAN 1 dan SMAN 17 Palembang ditandatangani pada hari Kamis, 18 Januari 2018 di SMAN 1, Palembang. Kedua sekolah tersebut akan menerapkan Cambridge IGCSE hingga A Level kepada siswa mereka di semester baru tahun akademik 2018/2019.

Baca Juga :   Astra Motor Sumsel Beri Kejutan

Gusman Yahya, Pimpinan Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) mengatakan, “Sebagai bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Sampoerna University secara aktif bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan internasional terkemuka dan berkualitas. Kami berkomitmen untuk terus menghasilkan lulusan generasi muda yang kompeten dan mampu bersaing secara global.

Kerja sama antara Sampoerna University dengan SMAN 1 dan SMAN 17 Palembang tidak hanya akan membekali siswa dengan pengalaman belajar yang inovatif dan interaktif, juga akan memberi akses yang lebih luas bagi siswa ke universitas – universitas terbaik di mancanegara.(rel/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Konstruksi PLTS Terapung Raih Pendanaan 3 Bank Internasional

Jakarta, KoranSN Komitmen PT PLN (Persero) untuk meningkatkan bauran energi baru dan terbarukan (EBT) mendapatkan …