Sosialisasi ke Anak PAUD, Lia Mustika Syarif: Lima Bagian Tubuh Tak Boleh Disentuh

Bunda Paud Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif berfoto bersama. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Bunda Pendidikan Usia Dini (PAUD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Lia Mustika Syarif mengajarkan kepada anak-anak PAUD di Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit tentang lima hal yang tidak boleh disentuh oleh orang lain kecuali ibu dan dokter.

Sebelum menjelaskan kepada anak-anak Paud, Bunda Lia Mustika mengajak anak-anak Paud bernyanyi terlebih dahulu tentang lima hal yang tak boleh disentuh orang lain.

“Sekarang ini banyak orang tua yang tabu kalau ngomong sama anak-anak tidak boleh sebut dada, kemaluan, padahal kita tahu sekarang ini bahaya pedofil itu luar biasa. Mungkin kalian sudah banyak mendengar bahwa ada anak-anak yang diperkosa karena mereka tidak berani bilang tolong, nggak atau ngomong ke orang tua,” kata Lia, Senin (18/2/2019).

Bunda Lia Mustika menjelaskan, adapun 5 bagian tubuh tersebut adalah, mulut, dada, kemaluan, dekat paha dan terakhir pantat.

Baca Juga :   Sambut HUT Ke-60 Muba, Pemkab Gelar Ragam Perlombaan

“Jadi, mereka tidak boleh disentuh oleh siapapun kecuali ibu dan dokter ketika mereka sakit,” jelasnya.

Lanjut Bunda Lia, lagu lima bagian tubuh yang tak boleh disentuh merupakan lagu wajib untuk anak-anak.

“Ini lagu wajib untuk anak anak, guru PAUD dan orang tua di rumah biar hapal. Dengan begitu, edukasi anak biar mereka itu berani bilang jangan, bilang tolong, bilang tidak. Dengan mereka berani bilang seperti itu, kita bisa sama sama melingdungi anak-anak kita dari bahaya pedofil,” ungkapnya.

Bunda Paud berpesan, bagi para orang tua agar selalu berhati hati lagi dengan anak anaknya, apalagi sekarang anak anak usia dibawah umur sudah menjadi incaran bagi predator predator pedofil.

“Mereka tidak memandang umur tapi mereka memiliki kepuasan tersendiri kalo bisa berhubungan anak kecil, maka dengan itulah kita sebagai orang tua, selaku guru, lingkungan harus peduli dengan anak anak dengan cara mengajarkan mereka untuk mengatakan lima bagian tubuh yang tidak boleh disentuh dan mengajarkan anak anak bilang tolong, nggak boleh. Mulai dari sekarang saya kampanyekan keseluruh desa, seluruh paud untuk stop kekerasan pada anak, untuk stop pelecehan seksual pada anak dan itulah program kita,” imbuhnya.

Baca Juga :   Wabup PALI Inginkan Program TMMD Setiap Tahun

Sementara itu, Lurah Muara Rupit, Lukman mengatakan, hari ini anak anak Paud diberi pengarahan oleh Ketua TP PKK Kabupaten tentang pendidikan bagian tubuh yang tidak boleh disentuh kecuali oleh ibunya dan dokter.

“Saya berharap agar kegiatan yang dilaksanakan ini dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dan pengetahuan tentang bagian tubuh yang tidak boleh disentuh,” kata Lukman. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Safari Jumat di Lahat, Herman Deru Ajak Jemaah Tauladani Nabi Muhammad SAW

Lahat, KoranSN Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Lahat, usai meresmikan pusat Agrowisata Tanjung Sakti di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.