Spesialis Pencuri Truk Dilumpuhkan Polsek Tanah Abang





Tersangka saat diamankan di Polsek Tanah Abang. (foto-ist)

PALI, KoranSN

Dua dari empat komplotan spesialis pencurian truk antar provinsi akhirnya ‘keok’ setelah dilumpuhkan dengan timah panas oleh jajaran Polsek Tanah Abang.

Kawanan ini ditangkap, saat berada dirumah keponakan salah satu tersangka di Desa Gunung Menang Kecamatan Penukal Kabupaten PALI, Selasa (3/4/2018) sekitar pukul 03.00 WIB, Kedua tersangka bernama Budi Candra (32) dan Riyan Heri (24), keduanya warga Dusun II Desa Mangku Negara Kecamatan Penukal Kabupaten PALI.

Sedangkan dua orang lagi yang diketahui bernama Ali (27), warga Dusun II Desa Mangku Negara, Kecamatan Penukal dan Beri (28), warga Dusun I Desa Gunung Menang, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI masih dalam pengejaran.

Berdasarkan catatan pihak Kepolisian, komplotan ini sudah tiga kali melakukan aksi pencurian mobil. Dimana satu lokasi berada di wilayah hukum Polsek Tanah Abang dan dua lokasi di wilayah hukum Polres Jambi.

Aksi pencurian mobil di wilayah hukum Polsek Tanah Abang terjadi pada Minggu (25/2/2018) sekitar pukul 02.30 WIB, di Dusun IV, Desa Raja Barat, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI.

Ketika itu, korban M Kadafi (32) memarkirkan mobil truk Mitsubishi Colt Diesel BG 8260.MI milik Malidarni (52), warga Dusun Tugu, Desa Perambatan, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI di depan rumahnya.

Baca Juga :   Narkoba Senilai Rp 700 Juta Diblender

Namun, saat korban tertidur datang empat orang dengan mengendarai tiga sepeda motor langsung mencuri mobil truk tersebut.

Korban sempat mendengar suara pintu mobil dibuka lalu mengeceknya. Namun, mobil tersebut sudah berjalan sehingga korban langsung mengejar mobil truk tersebut dengan berlari. Namun pengejaran tersebut gagal karena mobil tersebut sudah jauh dari jangkauan korban.

Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya keberadaan dua tersangka diketahui sedang berada di rumah keponakan tersangka Riyan Heri di Desa Gunung Menang, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI.

Mendapat informasi tersebut, jajaran Unit Reskrim Polsek Tanah Abang langsung bergerak melakukan penangkapan.

Sewaktu petugas datang, kedua tersangka sudah di atas motor berusaha melarikan diri, namun petugas mencegat keduanya. Melihat itu, keduanya berusaha melakukan perlawanan dengan cara menabrakan motor kearah petugas.

Lalu petugas menendang sepeda motor keduanya sampai terjatuh. Namun, keduanya masih mencoba melarikan diri dari petugas. Akhirnya petugas mengambil tindakan tegas dengan melumpuhkan dengan timah panas di betis kanan masing-masing.

Baca Juga :   Jadi Target Operasi, Aksolmadi Diringkus Ketika Transaksi Ganja

Kapolsek Tanah Abang, AKP Sofiyan Ardeni mengatakan, penangkapan kedua teesangka berdasarkan Laporan Polisi (LP) benomor LP-B/17/III/2018/Sumsel /Res.ME /Sek.T.Abang tertanggal 5 Maret 2018.

“Untuk kedua tersangka saat ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui ada berapa lokasi lagi tempat mereka beraksi. Sedangkan dua pelaku lagi masih kita kejar,” tukasnya.

Sementara, tersangka Budi Candra mengaku jika ide untuk mencuri mobil itu dari tersangka Riyan Heri dengan Beri, lalu mereka mengintai truk yang dibawa korban.

“Memang sudah cukup lama kami mengintai mobil truk itu untuk dicuri. Mobil truk itu kami jual di Jambi seharga Rp20 juta lalu uangnya kami bagi empat, masing-masing dapat bagian Rp5 juta. Uangnya habis untuk foya-foya dan beli sabu-sabu,” pungkasnya. (ans)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kasus Penimbunan dan Niaga BBM Tanpa Izin di Lahat

Lahat, KoranSN Satgasres Ops Ilegal Driling Musi 2022 Polres Lahat mengamankan sejumlah barang bukti, Dugaan …

error: Content is protected !!