Stop BAB Sembarangan, Buatkan Jamban Sehat

Sekdinkes OKI (tiga dari kiri) bersama Koramil dan Puskesmas ikut dalam pembuatan jamban warga di Kelurahan Kotaraya. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI bersama Puskesmas Kotaraya Kayuagung merealisasikan pembuatan jamban keluarga sehat di sejumlah titik di perkotaan Kayuagung kemarin melalui program wirausaha sanitasi (Wusan).

Program ini diharapkan dapat menghentikan kebiasaan buruk warga yakni buang air besar (BAB) sembarangan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pembuatan jamban sehat warga ini melibatkan semua pihak seperti Dinkes OKI, Puskesmas, Koramil dan masyarakat.

“Sebenarnya program Wusan ini sudah berjalan sejak 2014 lalu. Di akhir tahun ini pembuatan jamban dititikberatkan di sejumlah kelurahan dalam Kecamatan Kayuagung diantaranya Kotaraya dan Perigi. Sebelumnya juga dilakukan di Jua-Jua dan Kayuagung Asli,”kata Kepala Dinkes OKI HM Lubis SKM MKes melalui Sekretaris Dinkes OKI Iwan Setiawan SKM MKes, kemarin.

Baca Juga :   163 Siswa SMABA Selesai UNBK

Menurut Iwan, memang ada sebagian masyarakat yang masih memanfaatkan sungai untuk BAB dan aktivitas lainnya. Namun dengan adanya program Wusan ini diupayakan sedikit demi sedikit mengikis kebiasaan buruk itu menuju ke arah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Sebelum membuat jamban, mereka diberikan pelatihan Wusan dibimbing Dinkes OKI sebagai trainner of trainner (ToT). Kami harap pasca pelatihan ini, mereka dapat lebih mandiri,”jelas Iwan seraya menambahkan dengan adanya pelatihan Wusan yang diadakan Dinkes OKI ini, Puskesmas Kutaraya dapat terbantu dalam pembuatan jamban sehat.

Baca Juga :   Mata Peduli dan PBB PALI Berikan Puluhan Paket Sembako

Dia berharap program ini dapat berjalan secara berkelanjutan demi mewujudkan lingkungan masyarakat yang sehat. Pimpinan Puskesmas Kotaraya dr Isa Dwiyono menuturkan, masyarakat berangsur merubah perilaku BAB sembarangan menjadi Stop BAB sembarangan dan mau berusaha untuk membuat jamban keluarga sehat. (iso)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kasi Datun dan Kasi PB3R Kejari PALI Berganti

PALI, KoranSN Terjadi rotasi di lingkungan Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI (Kejari PALI). Hal itu tampak …

error: Content is protected !!