Subdenpom II/4-5 Lubuklinggau Sita Seragam TNI dari Masyarakat Sipil

Anggota Subdempon II/4-5 Lubuklinggau menunjuk atribut TNI yang disita dari masyarakat saat ops Zebra hari ke-4. (Foto-Rifat/KoranSN)

Lubuklinggau, KoranSN

Petugas gabungan dari Sat Lantas Polres Lubuklinggau, Dishub dan Subdenpom II/4-5 Lubuklinggau, Sabtu (3/11) menggelar Operasi Zebra 2018.

Dalam razia yang dilaksanakan di Jalan Yos Sudarso Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau tersebut
banyak kendaraan yang melanggar dan tidak dilengkapi surat menyurat ditilang. Bukan hanya itu, petugas juga menyita atribut atau seragam TNI yang dikenakan masyarakat sipil.

Dalam operasi ini diterjunkan 40 personel Sat Lantas Polres Lubuklinggau, 10 personel Dishub dan dua anggota Subdenpom II/4-5 Lubuklinggau.

Dansubdenpom II/4-5 Lubuklinggau, Kapten CPM Kamalludin Us melalui Ba Gakumwal, Sertu Basron didampingi Kopka Hernando usai mengback-up Operasi Zebra 2018 gabungan mengatakan, dalam Operasi Zebra ini pihaknya mengamankan satu atribut TNI berupa seragam TNI yang ditemukan di dalam mobil. Oleh pihaknya, atribut atau seragam TNI tersebut langsung disita.

Baca Juga :   Program Penilitian dan Pengembangan Pertanian Terpadu Segera Dijalankan

“Untuk atribut ditemukan di mobil dan disiita. Masyarakat sipil pakai kaos TNI, jadi kita sita,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama pelaksanaan Operasi Zebra gabungan itu, tidak ada pelanggaran dari anggota atau personel TNI.

“Ada dua, tapi lengkap semua. Jadi untuk pelanggaran gak ada untuk TNI,” tegasnya.

Mengenai stiker atau atribut TNI, masyarakat tidak diperbolehkan menggunakannya.

“Masyarakat sipil menggunakan seragam TNI atau striker TNI disita. Karena tidak diperbolehkan, melanggar hukum ” ujarnya.

Untuk anggota TNI, Basron mengimbau dalam berkendara untuk melengkapi surat menyurat kendaraan.

“Lengkapi surat-surat kendaraan sesuai dengan kelengkapan kendaraan, baik motor atau mobil. Kalau kedapatan anggota, misal tidak pakai helm, kita tilang. Kita ajukan ke mahkamah militer Palembang,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar melalui Kasat Lantas, AKP Feby Febriyana didampingi Kanit Regident, Ipda MA Karim menjelaskan, di hari keempat Operasi Zebra pihaknya mengamankan 30 kendaraan roda dua, STNK 70 dan SIM 31.

Baca Juga :   Polres Lahat Sidak Pasar Jelang Idul Fitri

Ia mengimbau agar masyarakat Lubuklinggau sebelum berkendaraan untuk melengkapi surat-surat kendaraan. Gunakan helm yang standar. Dan untuk roda empat, pakailah sabuk keselamatan. Apalagi sekarang musim hujan, jalan licin.

“Kalau tidak waspada, akan menyebabkan terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Terpisah, pada hari yang sama Operasi Zebra juga dilaksanakan di Bundaran Argopolitan Center Muara Beliti.

Dalam operasi ini ditemukan pelanggaran sebanyak 12, yang diantaranya; tilang SIM C sebanyak 3 lembar, tilang SIM A sebanyak 1 lembar, tilang SIM B sebanyak 1 lembar, tilang STNK R2 sebanyak 2 lembar, tilang R4 sebanyak 2 unit, Tilang R6 sebanyak 1 unit dan Tilang R2 sebanyak 2 unit. (rif)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Nama Dinas KopUKMNakerTras Empat Lawang Dicatut

Empat Lawang, KoranSN Nama Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KopUKMakerTras) Kabupaten Empat Lawang, …