Sudah Setor 3 Troli Bukti, KPK Tetap Kalah Lagi

Hakim_tungal_Haswandi_berpendapat_bahwa_proses_penetapan_tersangka_Hadi_Poernomo_tidak_sah_dan_memerintahkan_KPK_untuk_mencabut_penetapan_tersangka_dan_menghentikan_proses_penyidikan

Jakarta – Perubahan ‘gaya permainan’ tidak mampu mengubah peruntungan KPK di praperadilan. Upaya lembaga antikorupsi ini dalam menyerahkan seabreg lembaran bukt-bukti berujung nihil.

“Menyatakan penyidikan termohon kepada pidana berkaitan dengan peristiwa pidana, tidak sah,” ujar Hakim Haswandi membacakan putusan dalam sidang praperadilan di PN Jaksel, Selasa (26/5/2015).

Padahal dalam persidangan praperadilan ini, KPK tampil all out dengan menyerahkan lembaran bukti-bukti yang mereka miliki. Hal ini tidak dilakukan dalam sidang praperadilan yang dihadapi KPK sebelumnya.

Tiga troli dan dua kotak kontainer diserahkan tim biro hukum KPK kepada hakim tunggal Haswandi, dalam persidangan pekan lalu. Harapannya, KPK tak lagi kalah seperti saat sidang putusan yang dimohonkan eks Walkot Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.

Baca Juga :   Tanggap Darurat Berakhir, Ribuan TNI Ditarik dari Lombok

Namun bukan bukti-bukti itu yang dipersoalkan hakim Haswandi. Sang pengadil menyasar pada waktu penyidikan dan penetapan tersangka yang sama-sama dilakukan pada 21 April 2014, yang dianggap menyalahi prosedur.

Menurut Haswandi seharusnya penyidikan dilakukan lebih dulu untuk menemukan calon tersangka, baru di tengah penyidikan penyidik menetapkan tersangka.

“Apa yang dilakukan termohon melanggar SOP dan juga UU tentang KPK,” kata Haswandi.

Haswandi juga menilai penyelidik dan penyidik KPK, secara administrasi tidak memiliki status sebagai penyelidik dan penyidik.

Baca Juga :   Penikam Syekh Ali Jaber Terancam Pasal Berlapis

(fjp/ndr)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Ilham Bintang: Wartawan Harus Jaga Jarak Dalam Kontestasi Pilkada

Jakarta, KoranSN Dewan Kehormatan PWI Pusat kembali mengingatkan pentingnya media dan wartawan aga menjaga jarak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.