Sumsel Masih Aman Dari Kartu BPJS Palsu



Anita Noeringhati.
Anita Noeringhati.

Palembang, KoranSN

Komisi V DPRD Sumsel memastikan sejauh ini Sumsel masih aman dari kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) palsu. Peredaran kartu BPJS palsu terkuak, setelah kepolisian menerima laporan dari warga Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, belum lama ini.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel Anita Noeringhati ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/8/2016), menilai terjadinya pemalsuan kartu tersebut dikarenakan ketidakpahaman masyarakat tentang tata cara pembuatan kartu BPJS secara baik dan benar.

“Bisa dikatakan masih kurangnya sosialisasi terhadap BPJS ini sendiri, sehingga masyarakat masih banyak yang belum paham,” ungkapnya.

Baca Juga :   Raperda RPJMD Tak Juga Usai, DPRD dan Gubernur Sumsel Terancam Tak Gajian 3 Bulan

Menurut Anita, terjadinya pemalsuan kartu BPJS, tidak bisa serta merta menyalahkan pihak BPJS saja. Namun, bisa saja dikarenakan makin banyaknya LSM atau organisasi kesehatan yang dapat membantu mengurus pembuatan BPJS.

“Masyarakat yang tidak atau kurang mengerti dalam membuat BPJS itu maunya membuat dengan cara yang mudah, dan ini menimbulkan peluang kejahatan. Manakala masyarakat tidak mengerti timbullah kesempatan,” ulas Politisi Partai Golkar ini.

Anita mengatakan, salah satu cara paling jitu menghindari agar tidak terjadi lagi pembuatan kartu BPJS palsu, yakni dengan terus melakukan sosialisasi kepada semua kalangan masyarakat hingga ke tingkatan terbawah.

Baca Juga :   Harnojoyo: Kader Demokrat Siap Bantu Bedah Rumah Janda Tiga Anak

“Sosialisasi pembuatan kartu BPJS ini harus lebih maksimal. Dan ini memang tidak hanya tanggung jawab Dinkes, tapi menjadi tanggung jawab semua tingkatan hingga ke tingkat paling bawah, seperti  Ketua RT harus turut berpartisipasi dalam mensosialisasikan BPJS ini,” pungkasnya. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Herman Deru Optimalkan Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Penyaluran Bansos

Palembang, KoranSN Gubernur H Herman Deru meminta para kepala daerah atau bupati dan walikota di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.