Sumsel Pertama Terapkan JIPP di Sumatera









Sekda Sumsel, Nasrun Umar saat foto bersama Tim Kementerian PAN RB Republik Indonesia dan Jajaran dari GIZ usai kunjungan kerja sekaligus bekerjasama dengan Provinsi Sumsel. (foto-humas)

Palembang KoranSN
Guna meningkatkan pelayanan publik, pemerintah provinsi Sumsel saat ini bekerjasama dengan tiga lembaga kementerian membentuk Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP). Sumsel sendiri merupakan provinsi pertama yang melakukan ini di wilayah Sumatera.

Adapun tiga lembaga yang dimaksud yakni; Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Pemerintah Provinsi Sumsel dan Deutsche Gesellschafttfur Internationale Zusammenarbeit GambH (GIZ).

Untuk diketahui JIPP adalah simpul kerjasama antar lembaga yang mempunyak minat dalam pengembangan inovasi pelayanan publik. Anggota jaringan terdiri dari kementerian, pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga mitra pembangunan.

Salah satu percepatan implementasi layanan aspirasi ini berupa pengaduan online rakyat (Lapor).

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar mengucapkan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian Tim Kementerian PAN RB Republik Indonesia dan Jajaran dari GIZ, ataupun Tranformasi untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus bekerjasama dengan Provinsi Sumsel.

“Kunjungan kerja ini tentunya akan menjadi momentum dan memberikan makna yang sangat besar bagi kami dalam rangka melakukan percepatan pembangunan, khususnya pembangunan JIPP untuk mempromosikan inovasi di tingkat daerah dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel,” ungkapnya di sela lokakarya JIPP di Sumsel 2017 di Graha Bina Praja, Kamis (12/10/2017).

Menurutnya, pelayanan publik di Provinsi Sumsel telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, baik mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah dengan prioritas, yaitu kreativitas dan inovasi teknologi.

“Pelaksanaan pelayanan publik dilakukan dengan strategi mempromosikan dan memfasilitasi replikasi praktik baik dalam pemberian pelayanan publik. Innovative practices in public service delivery ini meningkatkan pertukaran pengetahuan antar Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota,” tuturnya.

Baca Juga :   Ramah Tamah Warnai Peringatan Hari Jadi ke-1339 Kota Palembang

Untuk kualitas pelayanan publik di Sumsel sendiri, diakui Nasrun tergolong terbaik, mengingat capaian prestasi yang berhasil diraih diantaranya, memperoleh penghargaan tahun 2014.

“Inovasi pelayanan publik terbaik Indonesia dan dikirim untuk kompetisi Internasional United Nation Public Services Award tahun 2015, yaitu; pelayanan Serambi Difusi lptek di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan,” ungkapnya.

“Lebih-lebih Sumsel memperoleh penghargaan tahun 2015 yakni Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Indonesia, yaitu Gerbang Serasan (Gerakan Pembangunan Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Bumi Serasan Sekundang) Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya. (ded/rell)











Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Pasca Lebaran, Layanan Kesehatan di Lapas Perempuan Palembang Ramai Dikunjungi Warga Binaan

Palembang, KoranSN Suasana lebaran Idul Fitri 1445 H juga semarak dirayakan tak terkecuali di Lapas …

error: Content is protected !!