Sungai Berwarna Biru di Lahat Mempesona





Tampak pengujung saat berwisata di Sungai Berwarna Biru di Lahat. (foto-ist)

Lahat, KoranSN

Kabupaten Lahat bukan hanya dikenal memiliki 100 jenis air terjun saja, sebab beberapa waktu lalu di Lahat juga dihebohkan dengan keberadaan Curup Maung (air terjun) yang sangat memukau, bahkan sempat viral di seluruh media dan televisi.

Kini Kabupaten Lahat kembali dihebohkan dengan pesona potensi wisatanya yang tak kalah indah dan memukau, yakni sungai yang disebut warga Kali Biru atau Blue Water. Aliran sungai yang terletak di Kabupaten Lahat tepatnya di Kecamatan Jarai ini, airnya berwarna biru.

Toni salah satu pengunjung mengatakan, dirinya sebelumnya penasaran dengan Kali Biru tersebut sehingga ia bersama rekan-rekannya datang mengunjungi Kali Biru. Saat tiba di lokasi, ia mengaku takjub melihat aliran sungai yang berwarna biru laut.

Baca Juga :   Sejumlah Tempat Wisata di Surabaya Ditutup Dampak COVID-19

“Aliran sungainya berwarna biru seperti warna air laut, airnya juga dingin jadi saya dan anak-anak sempat mandi di sungai itu,” ungkapnya, kemarin.

Masih kata Tony, Kali Biru tersebut mempunyai potensi wisata yang baik bila dikelola. Sebab untuk mencapai lokasi tersebut hanya dibutuhkan waktu sekurangnya tiga jam menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

“Untuk ke lokasi Kali Biru ini kita harus menempuh perjalanan tiga jam menggunakan kendaraan mobil atau motor. Jenis motor apapun bisa masuk ke lokasi wisata. Gak jauh kok, tempatnya juga aman dekat dengan lokasi penduduk,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan pengunjung Kali Biru lainnya, yakni Welly. Dia menceritakan, selain aliran sungai yang berwarna biru di bagian atas aliran sungai juga terdapat air terjun yang tak kalah indahnya.

Baca Juga :   Bupati Agam Sebut Wisata Arung Jeram Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

“Airnya tidak begitu dalam hingga anak-anak pun bisa mandi di aliran sungai itu. Sekelilingnya banyak tanaman kopi sehingga memambah betah main ke sini,” ucapnya.

Welly menambahkan, jika ingin ke lokasi Kali Biru menggunakan mobil, pengunjung jangan menggunakan mobil yang rendah atau jenis sedan. Karena tanahnya masih bergelombang.

“Kalau mau pake mobil sebaiknya mobil yang tinggi, karena jalannya masih tanah dan bergelombang. Tapi yakinlah, kalau sudah ke sini pasti gak akan menyesal melihat birunya aliran sungai, ayo mainlah ke Lahat,” ajak Welly. (rob)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

DPRD Pangkalpinang Dukung Pembangunan Pariwisata Halal

Pangkalpinang, KoranSN DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung upaya pemerintah kota setempat membangun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.