Survei SMRC: ISO 62 Persen, ADE 10 Persen & AQOR 9 Persen





Grafik hasil survei. (foto-istimewa)

Kayuagung, KoranSN

Sepekan menjelang pemungutan suara Pilkada serentak 27 Juni, lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terakhir Pilbup OKI. Hasilnya, incumbent unggul jauh dari rivalnya.

Detailnya, Paslon Bupati & Wabup nomor urut 1 H Iskandar SE-HM Dja’far Shodiq (ISO) meraih 62,2 persen suara, nomor urut 2 Abdiyanto SH MH-Made Indrawan ST MH (ADE) hanya dapat 10,7 persen suara dan nomor urut 3 H Azhari SH-H Qomaruszaman SPd MSi (AQOR) di posisi terendah 9,8 persen suara.

“Sisanya 17,3 persen suara menyatakan tidak tahu atau merahasiakan pilihannya bahkan belum menentukan pilihan,”ungkap Djayadi Hanan selaku Direktur Eksekutif SMRC saat siaran pers, Kamis (21/6/2018). Hasil ini menyimpulkan, pasangan ISO unggul jauh dari lawan-lawannya yakni ADE dan AQOR.

“Keunggulan Iskandar sebagai incumbent berdasarkan hasil survei terakhir kami, dan tidak jauh berbeda dengan hasil survei periode periode sebelumnya. Survei dilakukan terhadap warga OKI yang sudah memiliki hak pilih yaitu berusia minimal 17 tahun atau sudah pernah menikah,”sambungnya.

Ia merincikan, jumlah sampel survei yang diambil 410 orang dan pengambilan sampelnya menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Dengan jumlah tersebut, margin of error survei adalah kurang lebih 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kata Djayadi, peluang ISO untuk memenangkan Pilkada sangat besar. Alasannya, persentase pesaing ISO sangat kecil dan berselisih lebih dari 50 persen. Apalagi biasanya, bila selisihnya lebih dari 20 persen saja akan sulit bagi ADE dan AQOR untuk mengejar ketertinggalan.

“Apalagi pemungutan suara tinggal berapa hari lagi, jadi sangat sulit mengejar,”tambah dia. Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan ISO unggul dari ADE dan AQOR, yakni ISO unggul popularitas dan akseptabilitas. 97 persen responden sudah mengenal Iskandar dan 88 persen menyukai Iskandar.

Baca Juga :   Masyarakat Senalang Lubuklinggau Dukung Nansuko Jilid 2

Dibandingkan Azhari, baru dikenal 48 persen dan 75 persen sebatas menyukai. Sedangkan Abdiyanto baru dikenal 44 persen dan 73 persen menyukai. Bahkan popularitas dan akseptabilitas Dja’far Shodiq juga lebih unggul dari Made Indrawan dan Qomaruszaman.

“Dengan hasil survei ini, peluang ISO meraih suara akan antara 60-70 persen pada saat pencoblosan 27 Juni,”tutup dia. Menanggapi hal ini, Iskandar didampingi Ketua Tim Pemenangan Ir Turmudi, Sekretaris (Alvian SE), Bendahara (Syarif), anggota tim, relawan dan simpatisan mengaku bersyukur.

“Mari kita jaga dan kawal bersama hasil survei ini, kian kuatkan dan rapatkan barisan sehingga tidak lengah dengan hasil survei ini,”kata mereka ditemui di Posko Pemenangan ISO kemarin sore. (iso)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Didukung 9 Parpol, Ratna-Suwarti Harapkan Mesin Partai Bergerak Hingga ke Pelosok

Musirawas, koranSN Dukungan partai politik (Parpol) ke pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas …

error: Content is protected !!