Tahun Baru, Gunung Api Dempo Aman untuk Pendakian

gunung-dempoPagaralam, SN

Kondisi kekinian gunung api Dempo secara tidak langsung berpengaruh besar terhadap tingkat kunjungan wisatawan, apalagi tradisi bagi para pendaki yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di puncak Dempo.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Dempo (GAD), Mulyadi mengungkapkan, meski kondisi kegempaan GAD terus menurun hampir tidak ada sama sekali aktivitas seismik gunung Dempo selama kurun waktu dua pekan terakhir, kedepan belum dapat dipastikan untuk menentukan kondisi kegempaan, baik itu mengalami penurunan ataupun sebaliknya.

Baca Juga :   Program Perbakin ‘Masuk Sekolah’

“Akan tetapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung hingga kini masih menetapkan status Gunung Api Dempo berada di level I atau normal saja,” ujarnya seraya menambahkan, sejauh ini kondisi gunung Dempo aman untuk pendakian.

Diterangkan Mulyadi, berdasarkan rekaman alat seismograf selama sepekan lalu, nihil kegiatan seismik apalagi kegempaan yang terjadi. Sedangkan sepanjang pagi hingga sore hari kebanyakan tampak jelas, meski diselimuti awan tebal di puncak Dempo terkadang diguyur hujan.

“Selama sepekan lalu pesawat seismograf PS-2 mencatat kegempaan tidak ada, sedangkan geothermal nihil, Low Frekuensi nihil, embusan nihil dan tremor nihil,” jelasnya.

Baca Juga :   Masih Kalah Bersaing, Kopi Pagaralam Harus Punya Brand

Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya pendaki yang melakukan aktivitas di sekitar kawasan gunung Dempo dan sekitarnya, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Terutama terhadap terjadinya fenomena atau proses alam yang tidak bisa ditebak. (asn)





Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Bongkar Muat Barang Dipusatkan di Terminal

Pagaralam, KoranSN Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pagaralam berencana untuk memanggil seluruh pelaku usaha yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!