Tahun ini, Disdik Siapkan 360 Komputer

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Widodo. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Untuk membantu Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Dinas Pendidikan Sumsel bakal menyiapkan 360 komputer yang nantinya disebar di seluruh SMA di Sumsel. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/4/2017).

“Baru tahun ini diajukan, dan sekarang memasuki tahap lelang,” katanya.

Dijelaskannya, UNBK di Sumsel sendiri baru diterapkan sekitar 55 persen SMA atau sekitar 256 SMA sedangkan sisanya masih menggunakan sistem manual. SMA yang masih menggunakan sistem manual sendiri didominasi hampir 100 persen di daerah Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Musirawas bahkan ada di Kota Palembang.

“Untuk di Kota Palembang sendiri kebanyakan SMA swasta tapi satu SMA negeri yang masih menggunakan manual yakni SMA negeri 20 Palembang,” jelasnya.

Baca Juga :   Dodi Reza Kembali Janjikan Siram Bonus Laskar Wong Kito

Disinggung soal SMA yang menarik biaya untuk penerapan UNBK ini, dirinya mengakui hal tersebut boleh saja dilakukan. Namun, tidak harus dipaksakan terlebih lagi baik wali murid yang tidak mampu. “Kami akan selidiki jika memang melanggar dan memaksa wali murid yang tidak mampu membayar maka kami akan tegur kepala sekolah tersebut,” terangnya.

Menurut Widodo, pungutan tersebut merupakan kebijakan dari komite sekolah dan hanya untuk wali murid yang mampu. Karena, apa salahnya bagi wali murid yang mampu untuk membantu penyediaan komputer di sekolah. Meskipun begitu, pihaknya akan mengecek apakah benar pungutan tersebut untuk penyediaan komputer. Jika tidak maka tentu akan di sanksi.

Baca Juga :   Sirkuit Palembang Terbaik di Dunia

Kadisdik ini juga menambahkan, sejauh ini ada beberapa siswa yang memang belum sempat mengikuti UNBK. Karena itu, nantinya akan ada UNBK susulan serentak dengan susulan UNBK SMK. “UNBK susulan ini akan dilakukan pada 12 April sampai 19 April mendatang,” tandasnya. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

IPSI Palembang Gelar Kejurkot 12-14 Februari

Palembang, KoranSN Guna memajukan cabang olahraga Pencak Silat di Kota Palembang, Pengurus Cabang (PC) Ikatan …