Tak Dapat Tunjukan Visa, 6 Warga Cina Pekerja Tol Diamankan





Dandim OKI/OI saat menyerahkan 6 WNA kepada perwakilan Kantor Imigrasi yang datang ke Makodim. (Foto-Maniso/Koransn)

Kayuagung, KoranSN

Jajaran Intel Kodim 0402 OKI/OI mengamankan enam orang Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Cina karena tak dapat menunjukan kelengkapan visa kerja, Senin (24/7/2017) siang. Keenam warga Cina ini merupakan pekerja Proyek Tol Pematang Panggang-Kayuagung.

Mereka yang diamankan merupakan tenaga kontruksi pembangunan Jalan Tol Pematang Panggang-Kayuagung. Adapun identitas ke enam WNA tersebut yakni; Chen lie (28), Zhang Lei (35), Sun Zhenggui (34), Zhang Wei Wei (27), Yan Bushi (29) dan Zhang Zhen (27). Setelah menjalani pemeriksaan di Makodim OKI/OI, WNA tersebut langsung dijemput dan dibawa ke Kantor Imigrasi Palembang.

Komandan Kodim 0402 OKI/OI, Letkol Ini Seprianizar mengatakan, Intel Kodim mempunyai kewenangan dalam melakukan pengawasan terhadap warga asing yang ada di wilayah kerja TNI OKI.

“Mereka diamankan karena kami mendapat informasi ada pekerja asing yang dicurigai tidak lengkap izinnya,”ujar dia.

Dilanjutkannya, dari hasil pemeriksaan Kodim, menurut pihak perusahaan untuk Chen Lie dan Zhang Zhen mengaku sudah ada kelengkapan visa kerjanya tetapi ada di kantor Jakarta.

“Tetapi itu keterangan perusahaan, kami serahkan hal ini ke imigrasi untuk pemeriksaan dokumennya,” tandasnya.

Baca Juga :   KPK OTT Pejabat Kemensos Terkait Dugaan Korupsi Bansos COVID-19

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Palembang, Budiono Setiawan melalui Sub Seksi Pengawasan Widio Sandhi Suprapto kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya sudah menerima penyerahan 6 WNA dari Kodim 0402 OKI/OI. “Jika terbukti mereka menyalahi aturan maka akan dideportasi,” janjinya.

Sedangkan Lukisman dari Kesbang Polinmas OKI mengatakan, selama ini pihaknya sudah rutin meminta data pegawai kepada perusahaan yang mempekerjakan warga asing.

“Mereka ini belum masuk dalam data kami, menurut mereka baru seminggu bekerja, untuk penindakanya itu kewenangan imigrasi,” tambahnya. (iso)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kedapatan Curi HP, Copet di Pasar 16 Ilir Babak Belur Diamuk Massa

Palembang, KoranSN Kedapatan mencuri handphone (HP) di Pasar Burung 16 Ilir Palembang, seorang copet babak …

error: Content is protected !!