Tanam Serentak dengan Sistem Jajar Legowo

 

Penyerahan hand tractor kepada pengurus Koptan
Penyerahan hand tractor kepada pengurus Koptan

Empat Lawang, SN

Sebanyak 500 hektar sawah di Kecamatan Saling kabupaten Empat Lawang tepatnya di Desa Tanjung Ning Lama ditanami padi secara serentak dengan sistem jajar legowo, Kamis (10/12).

Penanaman serentak ini di pimpin Plt Bupati Empat Lawang, Syahril Hanafiah diwakili Asisten III Pemkab Empat Lawang, Lukman Panggar Besi, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Rudianto, Perwira Penghubung (Pabung) Empat Lawang Kapten Inf M. Kodri serta Danramil Tebing Tingggi, Mardin.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Empat Lawang, Rudianto, SP MM mengatakan gerakan tanam serentak merupakan program operasi khusus pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan produksi padi.

“Alhamdulillah hari ini (kemarin) kita melaksanakan gerakan tanam serentak di empat desa di Kecamatan Saling seluas 500 hektar, yakni Desa tanjung Ning Simpang, Tanjung Ning Lama, Tanjung Ning Tengah, dan Tanjung Ning Jaya,” bebernya.

Dikatakan Rudi, gerakan tanam serentak diharapkan dapat meningkatkan produksi pangan di Empat Lawang, khususnya padi, karena melaksanakan teknik tanam jajaran legowo dan varietas sitobogendit dan mikongga.

“Kami yakin produksi dapat meningkat, karena program dan sistem tanam seperti ini sudah terserap 90 persen, jadi jika di kalkulasikan produksi dapat meningkat drastis,” kata Rudi. Jika sebelumnya produksi padi hanya 5,6 ton dipastikan menggunakan program jajar legowo dan bibit varietas sitobogendit dana mikongga produksi meningkat drastis mencapai 7.8 ton perhektar.

Baca Juga :   39 Desa di Kabupaten Empat Lawang Dijabat Oleh Kepala Desa Penjabat

Sementara Ketua Kelompok Tani (Koptan) Jauhari menyambut baik gerakan tanam serentak, ia yakin produksi padi dapat meningkat karena sudah dua tahun terakhir menerapkan program yang sama dengan hasil produksi yang jauh lebih besar dari biasanya.

“Ini yang kedua saya gunakan program ini, makanya yakin mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Terpisah, di halaman kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DP3) Empat Lawang, sebanyak 40 hand tractor dibagikan kepada 40 kelompok tani (Koptan) dari sepuluh kecamatan sekabupaten Empat Lawang. Penyerahan hand tractor ini dilakukan langsung oleh Kepala DP3 dan Pabung Empat Lawang. (foy)



Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Pemkab Empat Lawang Terima Hasil Laporan Pelayanan Publik Tahun 2023

Empat Lawang, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, menerima laporan hasil pelayanan publik dari ombudsman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!