Tanggapi Keluhan Pelanggan, PDAM Tirta Berencana Bangun Beberapa IPA

Petugas saat mengerjakan pemasangan saluran pipa PDAM Tirta Musi. (foto-deni/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Di waktu dekat ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi akan membangun beberapa Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kota Palembang. Ini dilakukan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pasokan air bersih kepada pelanggan.

Upaya peningkatan pelayanan ini, langsung dikatakan Humas PDAM Tirta Musi Kota Palembang, Dudi Iskandar, Rabu (21/11/2018).

Dijelaskannya, pembangunan IPA ini merupakan tindak lanjut serta menanggapi banyaknya keluhan dari masyarakat yang sudah berlangganan tentang pasokan air seperti dibeberapa daerah yang sering mati air PDAM atau air yang hanya mengalir dua hari sekali.

“Tak hanya itu, pelanggan kita mengeluhkan tidak menyalanya aliran air selama berhari-hari atau air PDAM yang nyalanya bergilir. Untuk itu menindaklanjuti keluhan tersebut kita kedepan berencana akan membangun beberapa IPA dibeberapa titik di Kota Palembang,” katanya.

Dikatakannya, PDAM akan meningkatkan kapasitas produksi air bersih dengan cara membangun bangunan atau konstruksi pokok dari sistem pengolahan air bersih.

Baca Juga :   Puluhan Stan Perumahan Ikuti Real Estate Expo 2017 Palembang Square (FOTO)

“Saat ini kami masih merencanakan, kedepannya PDAM akan meningkatkan kapasitas produksi dengan pembangunan IPA,” terangnya.

Menurutnya, bukan itu saja, pihaknya juga akan membangun intake yang berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang dalam air, sehingga nantinya diharap bisa menjadi produksi air bersih siap minum.

“Jadi, Intake ini adalah bangunan pertama untuk masuknya air dari sumber air. Didalam intake ini juga terdapat bar screen yang berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang dalam air tersebut,” katanya.

“Kemudian air yang sudah didalam, baru akan di pompa ke bangunan atau konstruksi lainnya,sehingga akan dialirkan de saluran pelanggan,” tambahnya.

Namun Dudi belum bisa memastikan ada berapa jumlah bangunan yang direncankan tersebut, dirinya belum bisa memastikan itu.

Baca Juga :   Hari Ini Puasa 1 Ramadhan

“Untuk itu kita belum bisa bilang, lokaai atau jumlahnya, tapi kita usahakan bangunan seperti yang direncakana mudah-mudahan cukup untuk memberikan pasokan air kepada pelanggan,” ungkapnya.

Lanjutnya, selain bangunan, PDAM Tirta Musi Palembang juga merencanakan akan meningkatkan pelanggan PLN Premium.

“Maksut pelanggan premium yakni; dimana jam padam airnya minim dalam artian hampir tidak ada pemadaman sehingga tidak menggangu proses produksi air bersih PDAM. Untuk daerah-daerah yang di Palembang tapi air PDAM belum masuk, juga kita usahakan bisa masuk, doakan saja secepatnya,” tutupnya. (den)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kunjungi Sumsel, DWP Sumbar Selaraskan Program Kerja

Palembang, KoranSN Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Hj. Reny Nasrun Umar …