Teroris Merasa Aman di Wilayah OKUS

Prof Dr Abdullah Idi. (foto ist)

KABUPATEN OKU Selatan (OKUS) merupakan wilayah yang terpencil dan jauh dari jangkauan aparat penegak hukum sehingga teroris dapat merasa aman bersembunyi. Demikian dikatakan Pengamat Sosial Sumsel, Prof Dr Abdullah Idi, Kamis (16/3).

Hal tersebut diungkapkan Abdullah Idi terkait pernah datangnya Abu Faisal di OKUS untuk membeli senjata api rakitan kepada tersangka Edi Waluyo alias Tembel dan Rahmat Candra alian Candra Indo, yang keduanya kini telah ditangkap oleh Polda Sumsel.

“OKUS itu kan jauh, daerah terpencil bahkan dekat dengan Provinsi Lampung. Dikarenakan letaknya yang terpencil, sehingga membuat susah dijangkau oleh aparat penegak hukum. Dari itulah teroris dapat merasa aman bersembunyi dan menginap di sana,” katanya.

Baca Juga :   Volume Penumpang di Wilayah KAI Purwokerto Meningkat

Diungkapkan Abdullah Idi, sedangkan terkait kedatangan Abu Faisal ke OKUS kemudian bertemu para tersangka yang telah diamankan
polisi untuk membeli senjata api rakitan. Hal itu dilakukan Abu Faisal, karena sebelumnya telah terjalin komunikasi antara mereka sehingga Abu Faisal datang ke OKUS.

“Sebab, kalau mereka belum pernah berkomunikasi dan tidak saling kenal, mana mungkin Abu Faisal yang kini diburu Tim Densus 88 tiba-tiba langsung datang ke OKUS untuk mencari senjata api. Untuk itulah, saya menilai sebelumnya mereka telah berkomunikasi atau mungkin Abu Faisal sebelumnya juga pernah ke OKUS,” teranganya.

Jaringan terorisme, lanjut Dr Abdullah Idi, merupakan jaringan kasat mata sehingga sulit dilihat secara langsung oleh warga ataupun pihak pemerintah setempat.

Baca Juga :   Hartono Tewas Membusuk Dikontrakan

“Karena kasat mata inilah maka aparat penegak hukumlah yang dapat melakukan tindakan, baik itu pencegahan maupun tindakan penegakkan hukum. Meskipun demikian, kita juga harapkan agar warga dan pihak pemerintah dapat memperhatikan lingkungannya, jika ada seuatu yang mencurigakan segera laporkan ke penegak hukum,” tandasnya. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pemprov Sulbar Didesak Segera Buat Peta Daerah Terdampak Gempa

Palu, KoranSN Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muhammad Hatta Kainang mendesak …