Tiga Desa di Empat Lawang Ditetapkan Siaga 1 Banjir

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Empat Lawang, KoranSN

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang telah menetapakan status siaga 1 untuk tiga desa yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi. Pasalnya, tiga desa tersebut, yakni Desa Kota Gading, Baturaja Lama dan Baturaja Baru sudah terkena bencana banjir, hanya saja belum berdampak besar.

Kepala BPBD Empat Lawang Drs Khairulah MSi melalui Kabid PDK Chandra, SH, Selasa (19/1/2016) membenarkan pihaknya telah menetapkan status tiga desa sebagai siaga 1.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada, sudah ada beberapa desa mengalami kebanjiran, untuk bulan ini (Januari) sampai sekarang baru terdata 30 Cm ketinggian air, seperti di Desa Baturaja Lama dan Baturaja Baru. Data tersebut telah pihaknya laporkan kepada BPBD Provinsi Sumsel bahkan nanti akan ada bantuan yang masuk desa yang terkena dampak banjir.

Baca Juga :   Petani Harus Bertaruh dengan Maut

“Data yang sudah kita kumpulkan ini jelas kita laporkan kepada Provinsi dan sampai saat ini tiga desa mengalami banjir bahkan untuk Desa Baturaja Lama dan Baturaja Baru sudah dua kali terkena banjir, tapi belum tinggi masih setinggi 30 Cm,” ungkapnya.

Dikatakan Chandra, melihat kondisi cuaca yang memasuki musim penghujan seperti ini diprediksi pada Februari akan terjadi banjir lagi. Oleh karena itu, tiga desa yang sudah terkena banjir harus siaga, karena kemungkinan dapat terkena banjir kembali.

Baca Juga :   Januari, Empat Lawang Dirikan Kampung KB

“Di Februari akan kemungkinan akan terjadi banjir lagi. Tiga desa yang terkena dampak banjir bisa jadi kembali banjir makanya kita tetapkan tiga desa itu siaga 1,” tegasnya. (foy)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Puluhan Warga Tebing Tinggi Terjaring Operasi Yustisi

Empat Lawang, KoranSN Sejak diberlakukannya Peraturan Gubernur Sumsel nomor 37 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.