Tiga Jargas Bakal Dibangun di Sumatera

Para mahasiswa Unsri yang ikut acara BPH Migas Goes to Campus. (foto-soimah/koransn.com)

Palembang, koranSN

Bakal ada tiga jaringan gas (jargas) yang akan dibangun di Pulau Sumatera yaitu di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel). Hal tersebut dikatakan Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Ir H Ahmad Rizal,MH,Fc.Arb di acara BPH Migas Goes to Campus di aula lantai 3 gedung Magistem Majajemen Universitas Sriwijaya (MM Unsri), kemarin .

Dijelaskannya, pengerjaan proyek jargas dipastikan bakal banyak membutuhkan tenaga kerja terutama yang fresh graduate dan yang berkompeten di bidangnya. Tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan perguruan tinggi.

“Untuk jargas yang ada di Sumsel salah satunya adalah proyek pipanisasi Palembang-Tanjung Api Api-Muntok yang kini tengah dalam proses detail engineering design atau DED. Tahun depan, bila persyaratan semua sudah selesai mudah-mudahan dapat memasuki tahap pembangunan,” ungkapnya.

Terkait dengan program BBM Satu Harga yang kini gencar disosialisasikan BPH Migas ke seluruh Indonesia dikatakannya, semata-mata bertujuan untuk memakmurkan masyarakat sebagaimana amanah dari UUD 1945. Salah satu kegiatan yang digelar BPH Migas adalah dengan menggelar acara bertajuk “BPH Migas goes to campus” untuk memperkenalkan keberadaan BPH Migas kepada para mahasiswa. Kegiatan yang baru kali pertama digelar tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan mengenai capaian kinerja dari Kementerian ESDM dan BPH Migas selama kurun waktu satu tahun terakhir.

Baca Juga :   Aerox 155 VVA Sedot Perhatian Konsumen

Dalam acara yang dihadiri juga Ketua BPH Migas, Dr Ir M Fanshurullah Asa,MT dikatakanya, diikuti sekitar 50 mahasiswa Unsri serta menghadirkan nara sumber diantaranya Chairani Rahmatullah selaku Executive Vice President (EVP) Gas dan BBM PT PLN (Persero) pusat dan Sindu dari PT Pertamina MOR 2 Plaju.

Dekan Fakultas Teknik (FT) Unsri, Prof Subriyer Nasir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan kepada BPH Migas dan Kementerian ESDM yang telah memilih Unsri sebagai kampus pertama digelarnya kegiatan “BPH Migas Goes to Campus”.

Diharapkannya, jalinan kerjasama ke depan agar BPH Migas bisa memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa Unsri berprestasi, khususnya dari Fakultas Teknik agar dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Hemat Energi 34 %, Operasi PLTS Ditambah

Acara semakin semarak ketika digelar sesi tanya jawab oleh sejumlah mahasiswa diantaranya yang menanyakan soal pola rekrutmen yang berlaku pada sejumlah perusahaan migas seperti PT Pertamina. Ada juga sejumlah mahasiswa yang melontarkan pertanyaan bernada kritik yang menyoal tentang kebijakan pemerintah yang terkesan tidak pro rakyat seperti kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) hingga kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Setiap mahasiswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan diberikan bingkisan menarik dari BPH Migas. (ima)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Masker AIRism Nyaman untuk Segala Situasi

Jakarta, KoranSN Saat ini, menggunakan masker disarankan bagi setiap orang, baik yang sedang bepergian atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.