Tiga Pembalak Hutan Produksi di Muba Ditahan







Ilustrasi. (foto-net)

Palembang, KoranSN

Dinas Kehutanan Sumsel menangkap dan menahan tiga tersangka dugaan kasus pembalakan hutan produksi yang berada di kawasan Musi Banyuasin (Muba). Demikian dikatakan Kepala Dinas Kehutanan Sumsel, Ir Sigit Wibowo, Senin (10/7/2017).

Dikatakan Sigit, ketiga tersangka tersebut berinisial ‘DEN’ (56), ‘BN’ (37) dan ‘RAS’ (35). Dalam dugaan kasus ini ketiganya disangkakan melanggar undang-undang penebangan hutan secara liar serta undang-undang tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

“Tadi sore (kemarin), ketiga tersangka tersebut telah kita tahan di Polda Sumsel,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurut Sigit, terungkapnya dugaan kasus tersebut berawal saat ia melakukan patroli udara di kawasan hutan produksi yang ada di Muba. Ketika itulah ia melihat ada sejumlah pohon yang ditebang serta terdapat jalan yang dibuat untuk mengangkut pohon yang telah ditebang tersebut.

“Setelah melihat hal itu lalu saya memerintahkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Kehutanan Sumsel melakukan penyelidikan hingga akhirnya diamankan ketiga tersangka. Setelah dilakukan pemeriksaan maka ketiganya kita nyatakan dilakukan penahanan,” jelasnya.

Disinggung apakah ketiga tersangka termasuk pemain lama dalam kasus pembalakan hutan? Dikatakan Sigit jika dirinya belum dapat memastikan. “Belum kita ketahui, namun dari hasil pemeriksaan sementara mereka sepertinya baru melakukannya,” ungkapnya.

Ditangkap dan ditahannya ketiga tersangka, lanjut Sigit, merupakan bentuk tindakan tegas yang dilakukan pihaknya kepada para pembalak hutan. Hal ini dikarenakan dalam aksinya para pembalak hutan juga berkaitan dengan kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). “Jadi para pembalak hutan ini juga karap membakar hutan hingga terjadi Karhutla,” tandasnya.

Baca Juga :   Intel Bekuk Pencuri Sepeda Motor

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Kombes Pol Irawan David Syah mengatakan, ketiga tersangka ditahan di Polda Sumsel karena dititipkan oleh Dinas Kehutanan Sumsel sebab tidak memiliki tahanan.

“Tiga tersangka tersebut ditahan di sini hanya dititipkan. Sebab, untuk penyelidikan dan penyidikan semuanya dilakukan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Kehutanan Sumsel,” tandasnya. (ded)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Menko Polhukam Pastikan Kompolnas Turun Langsung Awasi Kasus Vina

Jakarta, KoranSN Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Hadi Tjahjanto memastikan …

error: Content is protected !!