Tiga Sekolah Terapkan UNBK



UN Siswa Berbasis Komputer, di Lahat

Lahat,KoranSN
Ujian nasional yang dilaksanakan di Kabupaten Lahat sejak Senin (4/4/2016) hingga Kamis (7/4/2016) diikuti oleh 54 sekolah setingkat SMA, SMK dan MA. Namun menurut Kepala Dinas Pendidikan Lahat Drs Sutoko melalui Kabid Dikmen Drs Sukaryo bahwa  dari  5.390 siswa SMA, SMK dan MA yang ikut ujian nasional berbasis komputer (UNBK) atau computer base test (CBT) hanya  3 sekolah yakni SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 4 Lahat.

“Sekolah lainnya masih menggunakan  paper base test (PBT). Atau ujian diatas kertas karena keterbatasan perangkat yang mereka gunakan. Sepanjang ini kondisinya berjalan lancar baik yang CBT maupun PBT. Karena penjagaan ketat dan satu sama lain soal yang ada untuk CBT mereka mendapat soal yang random (acak), kejujuran siswa sangat dijunjung tinggi,” kata Sukaryo.

Baca Juga :   Pemkab Lahat Gelar Verifikasi Lapangan Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya Tahun 2020

Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE sendiri selama beberapa hari mengawasi jalannya UN dan mereka berharap semua yang ada bisa menjadi tolok ukur pendidikan di Kabupaten Lahat. “Tahun ini kita juga punya 3 siswa SLB yang ikut UN. Siswa juga beberapa bulan sudah digembleng dengan mengerjakan soal-soal ujian, ada pula try out. Hingga hari ini hanya ada   1 orang siswa SMA Sangsapurba ikut UN susulan dikarenakan sakit,” jelas Sukaryo.

Sebetulnya nilai kelulusan sendiri dari proses belajar mengajar siswa selama dirinya bersekolah, sementara UN sendiri digunakan sebagai pemetaan pencapaian siswa ke tingkat nasional dan di daerah Sumsel. “Memang benar, guru lebih mengetahui kemampuan siswa yang ada. Proses belajar mengajar yang ada menjadi penentu kelulusan,” ungkap Sukaryo.

Terpisah, Bupati Aswari Sendiri mengungkan bahwa Bumi Seganti Setungguan, Lahat memiliki motto kejujuran dalam mengerjakan UN. “Budi pekerti yang ditanamkan pada anak-anak kita yakni tentang kejujuran mereka dalam kehidupan sehari-hari dan pengerjaan UN,” papar Aswari.

Baca Juga :   Kepengurusan TP PKK Lahat Periode 2018-2013 Dikukuhkan

Wiwin Andaini, dari Komisi IV DPRD Lahat, yang membidangi pendidikan juga berharap semua siswa lulus dengan nilai baik.”Kami juga berkunjung ke beberapa sekolah saat pelaksanaan UN, semoga mereka lulus dan bisa mendapat nilai yang bagus, sesuai kejujuran mereka,” terangnya. (rob)

Publisher : Alwin

Lihat Juga

Ketua DPC Peradi Lahat Raya, Rusdi Hartono Somad Janji Terus Benahi Organisasi

Lahat, KoranSN Organisasi profesi Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Lahat Raya pekan lalu telah selesai melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.