Tiga SMK Gelar UNBK di PALI

Tampak siswa sangat serius dalam pelaksanaan UNBK di SMK YPIP. (foto/Anasrul).

PALI, KoranSN

Sebanyak tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di kabupaten PALI menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (3/4/2017). Ketiga sekolah tersebut antara lain, SMK Yayasan Pendidikan Islam Pendopo (YPIP) dan SMKN 1 Penukal serta SMK Bina Bakti yang melaksanakan UNBK dengan menginduk ke SMK N1 Penukal.

Informasi yang berhasil dihimpun SN, jalannya hari pertama proses UNBK berjalan lancar dan sukses tanpa ada kendala. Tampak puluhan siswa di SMK YPIP serius melaksanakan UNBK dibawah pengawasan para guru. Pelaksanaan UNBK sendiri bakal dilaksanakan selama empat hari.

“Ada 51 pelajar yang ikuti UNBK di sekolah ini, jumlah komputer ada 17 unit ditambah 3 unit komputer cadangan. Jumlah itu sesuai persyaratan, yakni satu per tiga dari jumlah siswa yang ikuti UNBK,” ungkap Kepala SMK YPIP, Robi Yanto, Senin (3/4/2017).

Baca Juga :   Ratusan Kades dan Sekdes Ikuti Bimtek

Dijelaskan Robi, ada tiga sesi dalam pelaksanaan UNBK di sekolahnya. “Sesuai jumlah komputer yang ada, pelaksanaan UNBK di sekolah ini dibagi tiga sesi. Dan mudah-mudahan akan berjalan lancar,” jelasnya.

Kendati demikian, ia mengakui, ada beberapa kendala ketika simulasi UNBK dilakukan beberapa waktu lalu. Diantaranya yakni listrik, pihak PLN sering mematikan arus listrik tanpa konfirmasi ketika simulasi UNBK dilakukan, jaringan internet juga terkadang down.

“Sebagai antisipasi, kami memakai jaringan listrik dari Pertamina, tetapi kami juga sudah surati pihak PLN agar jangan mematikan listrik saat UNBK berjalan, agar ujian perdana di sekolah ini berjalan lancar,” harapnya.

Terpisah, Kepala SMK N 1 Penukal, Jhon Areli melalui Yudi guru Bahasa Indonesia setempat mengatakan, jalannya UNBK di hari pertama di SMK yang terletak di Desa Babat tersebut lancar. Pihaknya juga telah menyiapkan mesin ganset apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Baca Juga :   Rapid Test di Pasar Inpres dan Bukit Sulap Lubuklinggau, 8 Orang Reaktif Covid-19

“Alhamdulillah, hari pertama lancar. Untuk listrik juga tidak terjadi pemadaman. Kendati demikian, kami juga telah menyiapkan mesin ganset,” jelasnya kepada SN.

Ditambahkannya juga, untuk di SMK N 1 Penukal terdapat 245 siswa yang mengikuti UNBK. Sementara ada sekitar 17 siswa yang berasal dari SMK Bina Bakti yang menginduk ke SMK ini.

“Kita harapkan besok hingga pelaksanaan UNBK selesai tidak ada kendala. Baik dari jaringan listrik, maupun jaringan telkom yang dapat menghambat proses UNBK,” harapnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Tuntaskan Pembangunan Jembatan Ogan IV yang Sempat Mangkrak

Baturaja, KoranSN Komitmen Gubernur Sumsel H Herman Deru untuk menyelesaikan sejumlah proyek fisik yang tak …