Tim Penilai PHBS Sumsel Sambangi Desa Bunga Karang





Ketua Tim PHBS Provinsi Sumsel, Imam Subroto SKM M.Kes foto bersama dalam kunjungan ke Desa Tanjung Kepayang Kecamatan Banyuasin III. (Foto-Siryanto/Koransn)

Banyuasin,KoranSN

Ketua Tim Penilai Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) Provinsi Sumsel Imam Subroto SKM M.Kes sambangi Desa Tanjung Kepayang Kecamatan Banyuasin III, Jumat (20/10/17).

Imam Subroto mengatakan, menjadi juara bukanlah tujuan dari kegiatan PHBS ini, namun yang utama adalah bagaimana masyarakat benar-benar menyadari akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat dalam menunjang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sehari-hari.

“Dengan PHBS diharapkan akan menurunkan angka kesakitan suatu penyakit baik penyakit menular dan penyakit tidak menular yang pada akhirnya akan memperpanjang usia harapan hidup masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :   Baru Pulang dari Malaysia, Satu Warga Empat Lawang Dicurigai Terinfeksi Virus Corona

Sekretaris TP PKK Banyuasin, dr Hj Eka Mutika M.Kes mewakili Ketua PKK mengatakan, Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) adalah bentuk perwujudan Paradigma Sehat dalam budaya hidup perorangan, keluarga dan masyarakat yang berorientasi sehat, bertujuan untuk meningkatkan, memelihara dan melindungi kesehatannya baik fisik, mental spiritual maupun sosial.

Sedangkan pengertian dari PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dalam hal kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Baca Juga :   Warga OKI Positif Corona Usai Dari 3 Provinsi

Istilah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kata dia, belum semua orang bisa memahami dan melaksanakan dalam keseharinya.

“Seperti kita ketahui keberhasilan PHBS ditentukan upaya memberdayakan masyarakat dan pengelola PHBS, yaitu para kader PHBS selalu berupaya memberikan informasi dan bimbingan tanpa pamrih dalam melaksanakan tugas secara sukarela di desanya. Begitu juga dengan pelaksanaan upaya kesehatan berbasis masyarakat di Desa Tanjung Kepayang Banyuasin III ini ,” tandasnya. (sir)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Bahas Persiapan Pemilu 2024, KPU Temui Komisi I DPRD Lubuklinggau

Lubuklinggau, KoranSN Menghadapi Pemilu dan pemilihan serentak 2024, Komisoner KPU Kota Lubuklinggau audensi bersama Komisi …