Tim Saber Pugli OTT Dugaan Pungli Pembuatan E KTP di Disdukcapil Lahat







Tim Saber pungli saat menggeledah salah satu ruangan di Disdukcapil Lahat. (foto-robby/koransn.com)

Lahat, KoranSN

Tim Sapu Bersih (Saber) Pugli (Pungutan Liar) Polres Lahat, Selasa (25/7/2017) melakukan Oprasi Tangkap Tangan (OTT) dugaan Pungli pembuatan E KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat.

Usai melakukan OTT, aparat kepolisian yang langsung dipimpin Kasat Reskrim Polres Lahat, AKP Ginanjar SIK mengamankan 20 lebih ASN (Aparatur Sipil Negara) termasuk Kepala Seksi (Kasi) ke Mapolres Lahat. Selain itu, polisi juga mengamankan sejumlah pegawai magang yang ada di lingkungan kantor tersebut.

Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Ginanjar mengatakan, OTT di Disdukcapil Kabupaten Lahat berawal saat pihaknya mendapatkan SMS dari masyarakat yang mengeluhkan biaya dalam pembuatan E KTP. Menindaklanjuti keluhan tersebut, Tim Saber Pugli Polres Lahat melakukan penyelidikan dan penyamaran.

“Saya melihat sendiri, masyarakat mengurus E KTP tidak melalui loket yang disediakan, tetapi langsung masuk ke ruangan staff pegawai yang menghendel pembuatan E KTP. Padahal di lokasi terdapat tulisan dilarang masuk pada pintu ruangan staff pelayanan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Bupati Enos Beri Penghormatan Terakhir Kepada Bharada I Komang Wira Natha

Dikatakan Ginanjar, dalam OTT tersebut pihaknya mengamankan barang bukti uang tunai sebesar Rp 1.827.000. Selain itu juga diamankan 319 lembar blanko E KTP kosong, satu bundel blanko kartu keluarga (KK) kosong, tiga unit handphone (HP) serta beberapa berkas kepengurusan E KTP dan KK.

“Dalam dugaan kasus ini ada tiga orang yang statusnya terperiksa dan bisa mengarah untuk menjadi tersangka. Mereka yakni; Kasi Identitas Penduduk berinisial ‘IK’, Staf Bidang Pengurusan KTP/KK baru, ‘AM’ serta Kasi Pindah Datang Penduduk ‘AR’,” tandasnya. (rob)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Harga Komoditas Disubsidi Pemkab Muara Enim

Muara Enim, KoranSN Dalam menjaga ketersediaan dan harga bahan pokok terjaga pasca-Iduladha 1445 Hijriah, Pemerintah …

error: Content is protected !!