Tim Tabur Kejati Sumsel Ringkus Buronan Terpidana Pemalsuan Surat

Kasi Penerangan dan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Khaidirman. (Foto-Dedy/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi dan Kejagung RI meringkus buronan terpidana kasus pemalsuan surat keterangan hibah dan surat jual beli tanah di Desa Segayam Gelumbang Muara Enim tahun 2017.

Kasi Penerangan dan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Khaidirman, Jumat (18/9/2020) mengatakan, adapun buronan terpidana yang ditangkap tersebut, yakni ‘HN’ (47), warga Sako Palembang. Penangkapan dilakukan Tim Tabur, Kamis (17/9/2020) pukul 05.15 WIB di kawasan Sako.

“Terpidana ini menjadi buronan bermula, saat proses hukum kala itu ‘HN’ ditahan sekitar 3 bulan lebih. Namun menjelang vonis di pengadilan tahanannya ditangguhkan karena sakit. Kemudian ketika vonis di pengadilan, ‘HN’ tidak hadir lalu menghilang hingga dijadikan DPO atau buronan. Adapun hukuman pidana yang dijatuhkan Hakim dalam kasus ini, yakni 1 tahun penjara. Artinya, ‘HN’ ini di tahun 2017 sudah menjalani hukuman 3 bulan lebih, maka usai ditangkap Tim Tabur yang bersangkutan hanya tinggal menjalani sisa masa hukumannya saja,” ungkapnya.

Baca Juga :   Jambret di 11 Ulu Tewas Diamuk Warga

Dijelaskannya, penangkapan yang dilakukan Tim Tabur juga berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 1166K/Pid/2017 tanggal 20 November 2017.

“Dalam putusan tersebut terpidana dinilai Hakim terbukti bersalah melakukan tindak pidana bersama-sama menggunakan surat palsu, melanggar pasal 263 ayat (2) KUHPidana Jo pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana,” paparnya.

Dilanjutkannya, karena dalam kasus ini terpidana diadili dan disidangkan di Muara Enim maka usai penangkapan Tim Tabur Kejati Sumsel dan Kejagung RI menyerahkan ‘HR’ ke Kejari Muara Enim untuk ditahan di Rutan Muara Enim.

Baca Juga :   DPO Pencuri Besi Rel Kereta Api Ditangkap

“Jadi, yang melakukan eksekusi ‘HR’ ke Rutan yakni Kejari Muara Enim,” tutupnya. (ded)

 

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Tarzan Tewas dengan Tiga Luka Tusukan di Dada dan Rusuk

Empat Lawang, KoranSN Keributan antar pemuda terjadi di Desa Martapura Sikap Dalam Empat Lawang, Senin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.