Tim TRC Dirikan Tenda Penanganan Bencana









LATIHAN – Tim TRC sedang melakukan latihan mendirikan tenda dilapangan. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Tim Reaksi Cepat (TRC) mendirikan tenda penanganan bencana. Hal itu dilakukan sebagai simulasi atau latihan menangani, jika terjadi bencana.

Seperti yang di katakan Kepala BPBD Zulkifli, jika kegiatan ini untuk menyalurkan ilmu teori yang selama ini sudah di berikan kepada anggotanya.

“Kegiatan ini hanya untuk mengulang kembali apa yang selama ini mereka pelajari, biasanya hanya teori saja, namun kali ini mereka langsung memperaktekannya di lapangan,” Kata Zulkifli, Kamis (7/9/2017).

Antisipasi yang di lakukan BPBD merupakan bentuk siap tanggap apabila terjadi bencana di daerah Kabupaten Muratara, dan pelatihan tersebut biasanya di lakukan di pinggiran sungai Rupit desa Lawang Agung.

“Kita memberi perintah kepada TRC harus serius walaupun ini cuma sekedar latihan, dan anggaplah ini merupakaan posisi di mana mereka sedang berada di situasi bencana yang melanda, karena musibah tidak dapat di prediksi kapan terjadinya,” ungkapnya.

Sementara, Novo, staf BPBD sekaligus Koordinator Kusdalog yang membawahi TRC mengatakan, timnya harus lebih giat dalam melakukan kerja praktek di lapangan, karena sudah mendapat beberapa alat yang bisa di gunakan dalam menangani bencana.

“Alhamdulillah kita baru mendapat alat bantu yang memang sangat di butuhkan, seperti tandu, alat menyelam, tenda besar, pelbet, ht, baju selam, snokel dan kaki katak serta werpak untuk kebakaran,” jelasnya.

Baca Juga :   Jelang Perayaan Natal, Polres Lubuklinggau Tempatkan Personel Keamanan di Gereja

Novo melanjutkan, TRC sekarang mempunyai jumlah anggota sebanyak 35 orang, namun tidak semuannya akan di ambil karena yang dicari memang orang yang mempunyai kompeten dan cepat tanggap.

“Kita mempunyai tim sebanyak 35 orang, namun untuk sekarang kita memberi pelatihan hanya 15 orang saja. Di sinilah penilaian mulai kami lakukan, kita lihat siapa yang memang benar-benar bekerja karena ini tidak bisa di anggap main-main,” pungkasnya. (snd)











Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Yopi Karim Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Lubuklinggau, KoranSN Menyambut hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Bakal Calon Walikota Lubuklinggau …

error: Content is protected !!