Tingginya Angka HIV AIDS di Palembang, Dinkes Road Show Prilaku Hidup Sehat









Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Hj Letizia M kes. (foto-dok/reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Tingginya angka pengidap penyakit HIV AIDS di Kota Palembang disikapi serius oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang dengan menggelar road show prilaku hidup sehat masyarakat, guna menekan angka penyakit tersebut yang kebanyakan menyerang msyarakat di usia produktif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia, Senin (4/11/2017) mengatakan, remaja di Palembang paling banyak mengidap HIV AID di Provinsi Sumsel lantaran jumlah masyarakatnya memang banyak apabila dibandingkan dengan wilayah lain yang ada di Sumsel.

Untuk itu, menurut Letizia, guna menekan angka HIV AIDS pihaknya terus menggalakan program prilaku hidup sehat kepada masyarakat Palembang, seperti beraktivitas dengan berolahraga minimal 30 menit dalam sehari, makan buah dan sayuran serta mendeteksi penyakit termasuk terhadap HIV AIDS.

“Guna mencegah menyebarnya virus HIV AID di kalangan masyarat, kita terus menggiatkan road show atau penyuluhan ke sekolah-sekolah karena penyakit tersebut banyak menyerang remaja-remaja di usia produktif,” ungkapnya.

Menurut Letizia, penyakit HIV AID ini sifatnya menular tapi bukan hanya dengan hubungan seksual saja. Sebab, penularannya juga bisa akibat penggunaan narkoba, misalnya jarum suntik.

Untuk itu, dikatakan Letizia, dirinya mengharapkan peran orang tua dalam mendidik anak, harus diperhatikan pergaulan sehari-harinya.

“Pergaulan seorang remaja di zaman sekarang ini harus diperhatikan, jadi peran orang tua tidak bisa dikesampingkan. Sebagai remaja, juga harus memperhatikan pergaulannya dan kesehatannya, karena penyakit tersebut tidak kelihatan fisiknya,” ujarnya.

Baca Juga :   DPRD Minta Jajaran ASN Pemkot Palembang di Tes Urine

Sementara, Kabid P2P Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Provinsi Sumsel, Ferri Yanuar menambahkan, penderita HIV AIDS di Provinsi Sumsel mencapai angka 2700 penderita, baik pengidap AIDS maupun penderita HIV. Dari jumlah tersebut penderitanya kebanyakan merupakan warga di Kota Palembang. Dimana penyebarannya banyak menyerang warga di usia produktif.

“Yang menjadi perhatian kita HIV ini 76 persen banyak menyerang usia produktif, misalnya umur 20 sampai 40 tahun. Jadi, apabila tidak ditangani kita akan kehilangan produktivitas masyarakat di usia muda, intinya kita terus mempublikasikan hidup sehat,” tandasnya. (rgn)











Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Berhasil Raih 16 Penghargaan Selama jadi Pj Walikota, Ratu Dewa Apresiasi Seluruh ASN

Palembang, KoranSN Semangat dan ketulusan Penjabat (Pj) Walikota Palembang, Ratu Dewa dalam masa jabatannya selaku …

error: Content is protected !!