Tinjau Posko Pengungsian Tsunami Lamsel Gubernur Sumsel Disambut Haru

Gubernur Sumsel, H Herman Deru dan Ketua TP PKK, Hj Febrita Lustia meninjau posko bencana korban tsunami di Lampung Selatan. (foto-humas pemprov)

Kalianda, KoranSN

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dan KetuaTP PKK Hj Febrita Lustia, Minggu (30/12/2018) siang menyerahkan secara langsung bantuan bagi korban tsunami Lampung Selatan yang diterima langsung Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto di Rumah Dinas Bupati Lamsel.

Ketika dibincangi di sela-sela meninjau posko bencana yang ada di komplek rumah dinas bupati, Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan kemanusiaan baik yang langsung disampaikan kepada masyarakat korban bencana di Lampung Selatan, maupun melalui posko bencana yang ada.

“Bantuan terus mengalir termasuk dari Provinsi Sumatera Selatan. Terimakasih banyak kepada bapak Gubernur Sumsel yang datang langsung menyerahkan bantuan,” ujarnya.

Terkait dengan pembagian bantuan untuk korban bencana. Dia menegaskan terus akan disalurkan termasuk ke wilayah yang sulit dijangkau. Terutama diperuntukan bagi warga yang masih bertahan di pengungsian di atas bukit.

“Kita akan terus upayakan menyalurkan bantuan ini secara merata termasuk untuk warga yang saat ini masih bertahan di pengungsian di atas bukit dan desa sekitarnya,” tambahnya.

Sementara itu DR H Achmad Najib SH M Hum Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel menegaskan, bantuan yang akan diserahkan Pemerintah Provinsi Sumsel merupakaan wujud kepedulian sebagai provinsi tetangga juga sebagai saudara sebangsa dan setenah air.

“Bantuan yang diserahkan meliputi beras 21 ton, 60 karung pakaian, makanan 120 dus berupa mie instan. Selain itu juga ada selimut dan juga uang lebih kurang 200 juta,” tegasnya.

Masih menurut Achmad Najib Pemprov Sumsel beberapa hari lalu juga sudah mengirim relawan untuk membantu korban bencana.

Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia beserta sejumlah pejabat diagendakan selain menyampaikan bantuan juga akan meninjau secara langsung Desa Way Muli Kecamatan Raja Basa Lampung Selatan yang kondisinya rusak akibat tsunami beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Harnojoyo Enggan Tanggapi Sikap Oposisi PDIP

Gubernur H Herman Deru dan rombongan tiba di Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan sekitar pukul 13.15 WIB, Minggu (30/12/2018) diterima langsung Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

Kedatangan HD di Rumah Dinas Bupati Lamsel untuk menyampaikan secara langsung bantuan Pemerintah Provinsi Sumsel kepada korban tsunami melalui pemerintah daerah setempat.

Sebelum dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis, Gubernur dan istri Hj Febrita Lustia dan rombongan dijamu makan siang oleh bupati Lamsel.

Usai makan siang Gubernur menyempatkan diri meninjau langsung posko bantuan darurat bencana tsunami di aula sebuku rumah dinas bupati.

Di tempat ini Gubernur menyapa puluhan relawan yang tengah bertugas mengemas dan mendata bantuan baik yang masuk maupun keluar.

Di tempat ini HD secara sombolis menyerahkan bantuan Pemprov Sumsel kepada Bupati Lamsel Nanang Ermanto berupa 21 ton beras dan uang tunai 200 juta.

Selanjutnnya Gubernur didampingi Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto bergerak meninjau posko bantuan dapur umum Tagana yang didirikan Pemerintah Provinsi Sumsel bertempat di halaman SMA Negeri 1 Kalianda.

Perjalanan Gubernur dan Ketua TP PKK Sumsel dan rombongan dilanjutkan menuju lapangan tenis indoor Kalianda dimana dilokasi ini ribuan pengungsi asal dari pulau Subesi dan Sebekuk yang mengungsi di tempat ini tempat ini pasca bencana tsunami terjadi.

Kehadiran HD dan Hj Febrita disambut ribuan pengungsi yang rata rata dihuni anak anak, balita dan ibu rumah tangga. Untuk menghibur pengungsi HD dan Hj Febrita menghibur anak anak pengungsi dengan menyanyikan lagu aku anak sehat.

Baca Juga :   Incumbent Terkaya, Qomaruszaman Terendah

Dalam sambutannya HD menegaskan Sumsel sebagai tetangga terdekat Lampung begitu peduli dengan apa yang dirasakan korban bencana.

Dia berharap para pengungsi dapat dengan tabah menerima cobaan dengan tetap meningkatkan kualitas ibadah kepada allah SWT dan tetap berharap bagi yang meninggal dunia diterima disinya.

“Mari kita doakan dengan membaca Al Fatihah,” ucap HD.

Menurut HD selain menyerahkan bantuan yang nominalnya mencapai hampir mencapai 1 Miliar. Pemprov Sumsel juga akan menambah waktu petugas Tagana di sejumlah posko. Serta akan menambah jumlah bantuan berupa alat kesehatan, tenaga medis dan bantuan lainya.

Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia di tempat pengungsian ini menyerahkan bantuan selimut dan sejumlah kebutuhan bayi dan wanita.

Sementara itu Ibrahim (50) salah satu pengungsi dari Pulau Sebesi mengaku sudah lima hari menetap di pengungsian lapangan tenis indoor Kalianda. Dia berharap dapat segera kembali ke desanya yang letaknya tidak jauh dari anak gunung krakatau.

Terkait dengan yang diberikan Gubernur Sumsel. Dia memgucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang telah diberikan.

“Alhamdulillah perhatian pemerintah sangat bagus. Termasuk dari Sumatera Selatan. Terima kasih Pak Gubernur,” tandasnya. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Feby Deru Pamerkan Koleksi Kriya Sriwijaya Kepada TP PKK se-Sumsel

Palembang, KoranSN Rapat konsuktasi (Rakon) PKK se-Sumsel yang berlangsung di Griya Agung, Jumat pagi (23/10/2020) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.