Tipe A Diambil Pusat, Segera Bangun Tipe C



Tipe A Diambil Pusat, Segera Bangun Tipe C
FOTO/NET

Kayuagung,KoranSN
Terminal tipe A milik Pemkab OKI di pinggir Jalintim Kayuagung dipastikan akan diambil dan dikelola pemerintah pusat. Berhasrat tetap memiliki terminal, muncul wacara rencana pembangunan terminal tipe C.

Wacana pembangunan terminal tipe yang akan dilakukan segera itu telah gayung bersambut antara legislatif dan eksekutif. Terminal tipe C yang akan dibangun Dishubkominfo OKI ini untuk dijadikan lokasi mangkalnya sejumlah kendaraan angkutan umum.

Haji Subhan Ismail adalah orang pertama di DPRD OKI yang mewacanakan rencana di atas. Ujar politisi dari Nasdem ini, dengan diambil alihkan Terminal tipe A milik Pemkab OKI oleh Kemenhub RI, secara otomatis OKI tidak bisa lagi merasakan PAD dari  retribusi karcis yang nilainya berkisar antara Rp2-3 milyar/tahun.

Sambungnya, ke depan PAD karcis angkutan barang tidak bisa lagi dinikmati oleh daerah sehingga harus mencari cara mendatangkan PAD lain yakni dari retribusi angkutan umum dan penumpang. “Makanya kita harus membangun terminal baru dulu agar bisa memungut retribusi karcis angkutan,” ungkap dia kemarin.

Baca Juga :   Kapolres Muara Enim Terima Ketua Tim Penelitian STIK Lemdiklat Polri

Dikatakannya, Dishubkominfo OKI harus segera menganggarkan dana untuk pembelian atau sewa lokasi pembangunan terminal. “Jika kekurangan PAD tidak segera kita carikan solusi, maka PAD kita semakin minim. Untuk itu, pembangunan terminal baru ini sangat mendesak dan harus segera direalisasikan,”cetusnya pula.

Anggota Komisi III DPRD OKI ini berharap Dishubkominfo OKI agar lebih intens berkoordinasi dengan pihak legislatif guna membahas pembangunan terminal baru ini. “Pada dasarnya pihak legislatif sangat mendukung apabila terminal baru ini segera direalisasikan. Kalau mengenai lokasi mungkin bisa dicarikan yang lebih strategis,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dishubkominfo OKI Tohir Yanto SSos sangat menyambut baik dukungan dari DPRD OKI, khususnya Komisi III. Pihaknya memang berencana akan membangun terminal baru namun dikhususkan bagi kendaraan angkutan penumpang baik umum maupun angkutan kota.

Baca Juga :   Polsek Tanjung Lago Pasang Spanduk Netralitas TNI-Polri Dalam Pemilu 2019

“Akan kita bahas terlebih dulu bersama pihak legislatif. Kalaupun memang memungkinkan untuk segera dibangun Terminal tipe C, untuk apa kita harus menunggu lama, secepatnya akan kita ajukan,”pungkasnya seraya menuturkan pengambil alihan pengelolaan Terminal tipe A Kayuagung tersebut jelas ke depannya membuat PAD dari retribusi karcis nihil.(iso)

Publisher : Alwin

Lihat Juga

Bupati OKU Timur Hadiri Penandatangan MoU Pencegahan Perkawinan Anak

Martapura, KoranSN Bupati OKU Timur H Lanosin ST menginstruksikan kepada OPD terkait agar pernikahan anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.