Tipu 800 Calon Jamaah Umroh, Bos Travel di Riau Ditahan



Ilustrasi. (foto-dok/koransn.com)

Pekanbaru, KoranSN

Polda Riau menahan bos travel umrah PT PWT. Diduga, agen travel ini telah menipu korbannya sekitar 800 orang. Kantor travel itu juga disegel aparat. Demikian disampaikan, Dir Reskrimum Polda Riau, Kombes Hadi Poerwanto, Kamis (4/1/2018).

Hadi menyebutkan, timnya sekitar pukul 10.00 WIB, pihaknya melakukan pengeledahan kantor PT PWT travel umrah di Jalan Panda, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

“Kita melakukan penggeledahan ke kantor tersebut untuk mencari berkas-berkas dan dokumen terkait dugaan penipuan calon jemaah umrah,” kata Hadi.

Menurut Hadi, pihak travel ini melakukan penipuan sekitar 800 calon jemaah umrah yang tidak jadi berangkat ke tanah suci Makkah.

“Dari 800 orang itu, ada 156 orang yang membuat laporan ke Polda Riau. Atas laporan pada September 2017 lalu langsung kita tindak lanjuti,” kata Hadi.

Usai melakukan penggeledahan, katanya, pihaknya juga menyegel kantor tersebut. Di kantor itu sudah ada tiga bulan tidak ada lagi aktivitas.

“Kita langsung segel usai penggeledahan,” kata Hadi.

Masih menurut Hadi, bos travel inisial MYJ sudah ditetapkan tersangka dalam kasus penipuan ini.

Baca Juga :   OJK: Porsi Kredit UMKM Sumsel Lampaui Target Capai 34,14 Persen

“Sudah kita tahan langsung pemilik travelnya,” tegas Hadi.

Kasus penipuan ini dilaporkan para korbannya sejak September lalu. Para calon jemaah umrah ini ada yang melaporkan sudah melunasi biaya namun tidak kunjung diberangkatkan. Lamanya menunggu bervariasi ada yang satu tahun ada yang dua tahun lamanya. (detik.com)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Lakukan Optimalisasi Sistem Pelaporan dan Pembaruan Legalitas PPNS

Jakarta, KoranSN Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Divisi Keimigrasian menunjukkan komitmen …

error: Content is protected !!