Tol Kapal-Betung Segera Dibangun



Ilustrasi pengerjaan tol
Ilustrasi pengerjaan tol

Palembang, KoranSN

Direktur Utama (Dirut) Sriwijaya Makmore Persada, Bakti Setiawan mengatakan ditahun 2016 ini pihaknya segera membangun tol Kayuagung – Palembang – Betung (Kapal-Betung).

“Rencananya, mungkin akhir April atau Mei pengerjaan secara total akan dilakukan,” katanya, Rabu (20/4/2016).

Pengerjaan ini sendiri, lanjutnya, ditargetkan selesai pada awal tahun 2018 mendatang, dengan total panjang jalan yakni 111,69 km. Sedangkan untuk investasi yang ditanamkan sampai dengan akhir 2019 mendatang yakni sebesar Rp 14,435 triliyun.

“Saat ini untuk pembebasan lahannya sendiri pada seksi I sudah selesai di Kayuagung – Palembang dengan panjang 50 km,” terangnya.

Untuk  Groundbreaking sendiri, tambah Bakti, menurutnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.”Itu gak perlulah kan yang penting kita kerja,” singkatnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman menambahkan, saat ini pembangunan jalan tol Kapal Betung telah mempunyai dasar hukum.

Baca Juga :   Kasus Suap Muba, Saksi Diajukan Jadi Tersangka Keterangan Palsu

“Kami sudah punya akta dengan nomor 08 tanggal 12 Oktober 2015 tentang Perjanjian pengusahaan Jalan Tok Kayuagung-Palembang-Betung yang ditandatangani PT Sriwijaya Makmore Persada dengan Pemerintah Republik Indonesia yang dalam hal ini diwakili Direktur Jenderal Bina Marga,” terangnya.

Selain akta, lanjut Mukti, untuk dokumen Amdal, PKL, RPL Jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. “Artinya tidak ada masalah untuk pembangunan sendiri,” ujarnya.

Namun, untuk pembebasan lahan sendiri memang masih ada yang belum dibebaskan. Untuk lahan yang telah dibebaskan yakni wilayah Kabupaten OKI telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten OKI.

Proses pengadaan tanah berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2012 dan Perpres Nomor 71 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum ada empat tahapan. Yakni, perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyerahan hasil.

Baca Juga :   Gubernur Optimis Convention Hall Rampung Tepat Waktu

“Tapi nanti seluruhnya akan dibebaskan Karena ini untuk kepentingan umum,” tandasnya.

Untuk diketahui, jalan tol Kapal Betung memiliki panjang 111,69 km dengan rincian Kayu Agung–Jakabaring sekitar 33,50 km (seksi I ), Jakabaring–Musilandas sekitar 33,90 km (seksi II) dan Musilandas–Betung sekitar 44,29 km (seksi III). (wik)

Publisher : awik obsesi

Lihat Juga

Herman Deru Gandeng HMI, Salurkan Bansos Untuk 1000 KK Terdampak Pandemi

Palembang, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru mengajak Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.