Tongkang Meledak, Satu Tewas



MELEDAK- Tampak petugas kepolisian bersama tim SAR  melakukan olah TKP di Kapal Tongkang Ester 333 yang meledak. edit
FOTO-IST

Palembang,KoranSN
Kapal Tongkang Ester 333 yang mengangkut minyak, Selasa (30/8/2016) sekitar pukul 13.15 WIB meledak saat berada di perairan Sungai Musi Palembang, tepatnya di Pelabuhan Mariana.Akibat kejadian tersebut 1 orang tewas dan 1 orang luka berat yang langsung dibawa ke Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, selain itu empat awak kapal lainnya selamat.

Puluhan petugas gabungan terdiri dari anggota Polair dan SAR Sumatra Selatan langsung terjun ke lokasi untuk mengevakuasi korban yang merupakan awak kapal. Petugas gabungan juga berupaya memadamkan kebakaran pada lambung kapal yang merupakan sumber terjadinya ledakan.

Kasi Ops Kantor SAR Sumsel Inarwan mengatakan, pihaknya masih terus melakukan penyelidikan secara rinci penyebab terjadinya ledakan kapal pengangkut minyak tersebut. Sementara itu, Head of Communication and Relation Pertamina RU III, Yohanna Margaretha mengatakan, kapal tongkang yang meledak dan terbakar itu bukan milik Pertamina, melainkan merupakan kapal charter untuk pengiriman minyak.

Baca Juga :   Diduga Diputusi Pacar, Bunga Nekat Bunuh Diri

“Letupan hanya terjadi di dalam kamar mesin sedangkan untuk kargo produk Premium sebanyak 3.200 KL dan Pertamax sebanyak 1.600 KL milik Pertamina masih aman,” ujarnya.Dikatakannya, letupan terjadi usai kegiatan muat (loading) produk Premium dan Pertamax ke dalam kapal tongkang tersebut. “Setelah tahu ada letupan, kita turunkan tim penanggulangan keadaan darurat Pertamina RU III sehingga kondisi cepat aman terkendali,” ujarnya.

Sampai saat ini ditambahkannya, pihaknya masih melakukan pengecekan terhadap kejadian tersebut serta masih menunggu hasil investigasi lebihlanjut dari pihak yang berwenang. “Namun kejadian tersebut tidak menganggu aktivitas operasional RU III dan distribusi produk BBM di wilayah Sumbagsel,” pungkasnya.

Terpisah Direktur Direktorat Polair Polda Sumsel Kombes Pol Robinson DP Siregar membenarkan jika Kapal Tongkang Ester 333 yang mengangkut minyak tersebut meledak. Kejadian tersebut terjadi diduga saat tongkang sedang melakukan loading BBM jenis Premium dan Pertamax.

Baca Juga :   Alexander Tewas Usai Jatuh dari Sepeda Motor

“Atas kejadian tersebut Anak Buah Kapal (ABK) bernama Junaidi tewas karena terluka bakar. Sementara ABK lainnya bernama Jay, Ruru, Ikbal, serta seorang anggota polisi dari Brimob Mabes Polri Bripda I Wayan Wiratama yang merupakan pengawal kapal tersebut sempat terjebak di dalam kapal saat ledekan terjadi. Namun setelah petugas merapat ke lokasi kejadian mereka berhasil diselamatkan,” ungkap Robinson.
Lanjutnya, usai kejadian petugas Labfor Polri Cabang Palembang telah datang ke lokasi untuk melakukan olah TKP. “Kini polisi masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu apa penyebab pasti kejadian ini,” pungkas Robinson. (ima/ded)







Publisher : Alwin

Lihat Juga

KPK Dalami Dugaan Penerimaan Uang Wali Kota Ambon dari Pihak Swasta

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan aliran penerimaan sejumlah uang oleh tersangka Wali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.