Tower Telekomunikasi Tak Bayar PBB

Ilustrasi tower-net

Pagaralam, SN

Tower telekomunikasi di Kampung Rejosari (Bedeng Kresek, red), Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, ternyata sudah menunggak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) selama tiga Tahun.

“Memang ada tower telekomunikasi di wilayah kelurahan kita sudah hampir tiga tahun ini tidak membayar PBB, padahal membayar PBB merupakan kewajiban bagi pihak perusahaan,” ungkap Lurah Dempo Makmur, Haryono AMa Pd, dikonfirmasi, kemarin.

Mengenai hal ini, pihaknya dan juga RT/RW, kata Haryono, menjadi kewalahan untuk melakukan penagihan ke pihak perusahaan yang mempunyai bangunan tower tersebut. Karena bingung untuk berkoordinasi ke mana.

“Mau menagihnya ke mana, sedangkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) tower ini setiap tahunnya muncul. Ini tentunya menjadi kendala bagi realisasi PBB kelurahan dalam upaya mencapai 100 persen,” katanya.

Baca Juga :   Bupati Lahat Cek Posko Penanganan Covid-19 dan Berikan Sambako ke Masyarakat

Dirinya berharap, pihak terkait dalam kepemilikan tower ini agar segera melunasi tagihan PBB, demi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Pagaralam serta mendukung pihak kelurahan merealisasikan PBB 100 persen setiap tahunnya.

Adanya sejumlah tower telekomunikasi yang bermasalah di Kota Pagaralam juga sempat membuat gerah pihak Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Pagaralam. Betapa tidak, bangunan dengan sumbangan pendapatan asli daerah cukup besar ini berdiri tanpa ada izin, atau tak memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB).

Diakui Kepala KPPT Kota Pagaralam,Karudin SE MM, sejumlah tower telekomunikasi atau Based Trancivier Station (BTS) yang berdiri, ada yang belum mengantongi izin.

Baca Juga :   Disbudpar PALI Ajak Kades Menggali dan Mengangkat Budaya Desa

“Adanya temuan bangunan tower telekomunikasi tak memiliki izin akankita stop dan dilakukan penyegelan. Seperti bangunan di kawasan Talang Jelatang, yang kita stop untuk tidak melanjutkan pengerjaan,karena tak ada izin dari Kantor Perizinan,” ujarnya. (asn)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Cakada Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Indralaya, KoranSN Selain melaksanakan pengundian nomor urut untuk pasangan calon bupati dan waki bupati Ogan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.