TP PKK Muara Enim Ciptakan Produk Unggulan

Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Ir Hj Sumarni MSi meninjau hasil produk lokal Desa Tanjung Kemala Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim. (foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

TP PKK Kabupaten Muara Enim terus membina dan memotivasi masyarakat di pedesaan agar memanfaatkan potensi lokal untuk menciptakan produk unggulan demi kemandiran desa dalam mendukung pembangunan daerah.

Dalam kunjungan Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM bersama TP PKK Kabupaten Muara Enim di Desa Tanjung Kemala Kecamatan Lubai sepekan yang lalu, kreatifitas Ibu-ibu di wilayah tersebut berhasil memanfaatkan potensi rotan, kayu, dan ubi dari hasil kebun dijadikan berbagai produk kerajinan dan ubi menjadi olahan makanan seperti kripik dan lainnya.

Hasil karya dari binaan TP PKK Kecamatan Lubai ini mendapat apresiasi pemerintah daerah dan Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Ir Hj Sumarni MSi. Dari kunjungan itu, nantinya produk-produk unggulan masyarakat Kecamatan Lubai akan dibawa sampai ke tingkat Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga :   Muba Sukses Jadi Tuan Rumah KTNA ke-13

“Kami sangat berharap produk-produk di desa kami ini bisa dibawa ke tingkat kabupaten,”kata Zuryati SPd, anggota PKK Desa Tanjung Kemala.

Dia menyebutkan, berbagai produk makanan olahan warga desa Tanjung Kemala diantaranya, aneka macam kripik singkong. Selanjutnya, aneka kerajinan dari bahan kayu dan rotan, menjadi miniatur rumah adat Sumatera Selatan, alat pertanian, dan alat rumah tangga.

Memang diakuinya, untuk pemasaran produk masih terkendala, dan hanya mampu dijual disekitar wilayah kecamatan Lubai.

“Kami masih sering mendapat pesanan warga untuk sovenir pernikahan, pasar kalangan, dan pameran tingkat kecamatan,”tuturnya.

Baca Juga :   100 Penderita Katarak Operasi Gratis

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Lubai, Dina SPd, didampingi Camat Edi Suprianto mengatakan, pembinaan kepada kelompok-kelompok usaha masyarakat sudah dilakukan melalui kegiatan PKK Kecamatan Lubai. Kedepan ini, akan terus dikembangkan dan digali potensi desa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Muara Enim.

“Kami sangat mendukung program TP PKK kabupaten Muara Enim mendorong masyarakat kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk unggulan, berbahan dari lokal,”ungkap Dina. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gedung Dewan Steril dengan Disinfektan Sebelum Puncak Peringatan Hari Jadi OKU Timur

OKUT, KoranSN Hari Jadi OKU Timur ke-17 tahun diadakan sangat sederhana, bahkan acaranya dipusatkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.