TP PKK Muratara Berikan Makanan Tambahan untuk Anak Usia Dini

Tampak Ketua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif sedang memberikan makanan tambahan pada anak anak. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muratara memberikan vitamin A dan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada anak-anak pendidikan usia dini (PAUD), Jumat (15/2/2019).

Ketua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif mengatakan, tujuan pemberian vitamin A adalah untuk kesehatan mata dan pencegahan penyakit campak pada anak anak.

“Vitamin A itu bagus kandungannya, biar anak-anak itu matanya sehat dan juga terhindar dari penyakit campak. Selain itu, kami juga memberikan makanan tambahan seperti susu, biskuit untuk anak-anak,” kata Lia.

Dikatakannya, TP PKK Muratara sudah memprogramkan setiap satu minggu sekali, wajib turun ke satu desa dengan program go to school.

“Jadi, go to school itu Bunda Paud, Ketua PKK beserta anggota, kami akan ke sekolah-sekolah. Baik dari TK, Paud, SD, SMP maupun SMA,” ungkapnya.

Baca Juga :   Bantuan IPLT Diserahterimakan

Menurut Lia, untuk program turun ke desa nanti kegiatannya menyesuaikan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Kalau sekarang kami gabung dengan Dinkes yang programnya kasih vitamin A dan makanan tambahan. Kita juga bergabung dengan Paud Disdik, sedangkan untuk minggu depan kemungkinan gabung dengan Kesbangpol atau Dinas Kearsipan dan acaranya lain lagi. Jadi setiap minggu itu acara yang berbeda tapi wajib ke desa,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat, Evi Yuliansyah didampingi oleh Jarifatussalehah dari Dinkes Muratara menjelaskan, kegiatan Dinkes ini adalah pemberian vitamin A dan pemberian makanan tambahan bagi anak-anak.

“Pemberian vvitamin A ini menjadi kegiatan rutin setiap bulan Februari dan Agustus, kebetulan sekarang di bulan Februari, makanya kita laksanakan. Kegiatan ini juga sudah dilaksanakan di Puskesmas masing masing, kita dari dinas kesehatan cuma mengikuti saja karena kegiatannya sudah dari Puskesmas. Anak-anak yang diberikan vitamin A, mulai dari anak balita umur 6 bulan sampai umur 5 tahun,” kata Evi.

Baca Juga :   Tol Pematang Panggang-Kayuagung-Palembang Dipastikan Bisa Dilalui Pemudik

Sedangkan makanan tambahan adalah makanan tambahan bagi anak yang kurus, total quality management (TQM) dibawah garis merah. Makanan tambahan tersebut sudah didrop dari pusat langsung ke Puskesmas masing-masing kemudian dari Puskesmas memberikannya ke Posyandu.
Ia berharap, dengan adanya pemberian makanan tambahan (PMT) tersebut, anak anak bisa dibawah garis merah.

“Kalau tidak kita intervensi akan menjadi gizi buruk dan ujung-ujungnya stanting, untuk menghindari itu, ya kita kasih PMT itu tadi,” jelasnya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

BAZNAS Muba Raih Predikat Lembaga Terbaik di Tingkat Provinsi Sumsel

Sekayu, KoranSN Prestasi membanggakan terus diraih oleh Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Bupati Dr H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.