TP-PPK PALI Salurkan 355 Bibit Kelapa Genjah Entok









Hj Sri Kustina saat menyerahkan bibit secara simbolis. (Foto-Anas/Koransn)

PALI, KoranSN

Sedikitnya 355 batang bibit kelapa genjah entok diberikan oleh TP-PKK PALI kepada warga yang tersebar di lima desa untuk ditanam di halaman rumah. Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Kepala Desa simpang Tais PALI digelar, Rabu (29/11/2017) disaksikan langsung Bupati PALI, H Heri Amalindo.

Selain pemberian bantuan bibit kelapa genjah entok TP PKK dan Pemkab juga memberikan bantuan bibit lainya seperti kelengkeng mangga.

Ketua TP PKK PALI, H. Sri Kustina mengatakan, tujuan dari pemberian bantunan bibit kelapa genjah adalah untuk menjaga kelertarian lingkungan Kebijakan ini merupakan program strategis Pemkab Meningkatkan dan Mengembangkan Daya Saing Agribisnis dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Baca Juga :   Pengurus PKK Kecamatan Muara Beliti dan Tuah Negeri dan Istri Ketua BPD Dapat Bingkisan

Membudayakan gemar menaman yang berkelanjutan guna melestarikan lingkungan hidup mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan pendapatan keluarga.

“Ini adalah langkah awal memberikan dampak positif dan memberikan contoh kepada masyarakat untuk menanam. Yang nantinya bisa bermanfaat dan bisa menambahkan pendapatan dari kreatifitas buah kelapa,” katanya.

Dikatakan Sri Kustina, kedepan pihaknya akan memberikan babtuan sebanyak 1000 batang bibit. Juga berencana akan membuat kampung Aren. Nantinya kampung tersebut akan di yanam kelapa entok, setelah itu setelah dua tahun akan menghasilkan dan buat gula aren.

“Setelah ada produk, nanti akan bekerjasama dengan Disperindag untuk mencari solusi pemasaranya, kegiatan ini terntunya jangka panjang,” ujar Sri.

Sri menambahkan, sebelumnya pihaknya sudah menjadikan beberapa desa dengan gemar menanam pohon buah, Desa Nangka, Sirsak, Belimbing dan Kampung manis, kampung manis adalah kampung yang masyarakatnya menanam tebu.

Baca Juga :   Setelah Peremajaan Kelapa Sawit, Giliran Kebun Karet Akan Diremajakan

“Dengan adanya kegiatan sejatinya dapat berdampak positif dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ungkap Sri.

Bupati PALI, H Heri Amalindo yang juga sempat hadir berpesan kepada masyarakat yang mendapat bantuan untuk memelihara dan merawat sehingga kedepanya kegiatan tersebut dapat bermanfaat bukan sebaliknya, sudah di beri namun tidak berkelanjutan, dikembangka dan di rawat.

“Manfaatnya cukup banyak pohon buah tersebut. Menanam itu tak sepenuhnya di kebun. Pekarangan runah uang luas juga dapat dilakukan. Budayakan penyebaran tanaman untuk kelestarian linggungkan, jangan hanya kebun karet. sejatinya pohon buah banyak sekali manfaan dan dapat hasilnya dapat dijual,” ungkap Heri yang mengajak seluruh masyarakat PALI untuk mendukung program PKK dan Pemerintah. (ans)











Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Yopi Karim Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Lubuklinggau, KoranSN Menyambut hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Bakal Calon Walikota Lubuklinggau …

error: Content is protected !!