TPA Bukit Kendi Akan Dibangun Unit Pengelolaan Daur Ulang Sampah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Muara Enim, KoranSN

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Bukit Kendi selain dijadikan tempat pengelolaan akhir sampah yang ramah lingkungan. Akan dibangun beberapa unit pengelolaan daur ulang sampah organik dan non organik.

Demikian dikatakan Kepala UPTD Kebersihan dan Pertamanan Tanjung Enim, M Umar Thoyib, Senin (25/1/2016).

Menurutnya, TPA Bukit Kendi di Kota Tanjung Enim mempunyai luas yang memadai, sebagai tempat untuk pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

“Tidak hanya petugas dari dinas Kebersihan saja yang berperan dalam bidang ini, namun melibatkan warga, komunitas, dan stakeholder yang ada,” ungkap Umar.

“Ini sedang kita usulkan ke Pemkab Muara Enim melalui APBD perubahan, Perencanaan TPA Bukit Kendi  menjadi TPA yang ramah lingkungan sedang diusulkan ke Pemkab Muara Enim melalui APBD perubahan tahun ini,” tambahnya.

Baca Juga :   TNI Bersama Warga Tanam Padi Perdana

Selain itu, pada tahun 2016 ini juga, UPTD Dinas Kebersihan dan Pertamanan Tanjung Enim mengusulkan kepada Pemkab Muara Enim pengadaan alat becolouder untuk di TPA Bukit Kendi.

Kemudian, penambahan sarana dan prasarana untuk kegiatan petugas kebersihan sehari-hari. Diharapkan,  alat tersebut untuk mendorong sampah agar tidak terjadi penumpukan di TPA.

Dijelaskannya, sarana dan prasarana yang dimiliki UPTD Kebersihan dan Pertamanan saat ini masih memadai dengan tuntutan kerja yang ada.

“Hanya saja, tuntutan kedepan yang akan dihadapi petugas semakin berat, dan perlu penambahan sarana dan prasaranan, serta SDM,” terangnya.

Baca Juga :   Logistik Pemilu 2019 Didistribusikan

Mengenai kendaraan sampah dijelasnya, sudah memadai, namun diharapkan dapat ditambah. Sebab, semikin hari jumlah sampah dari masyarakat terus meningkat.

“Tahun ini sudah diusulkan penambahan satu sopir dan tiga kernet. Lalu, motor sampah ditambah satu unit sudah diajukan,” pungkasnya. (yud)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Muara Enim Tuan Rumah Lokakarya Komunitas Pemuda

Muara Enim, KoranSN Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH diwakili Kepala Dinas Pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.