Transformasi Pertanian Merubah Pola Pertanian Tradisional Menjadi Modern

Bupati OI Dan Gubernur Sumsel saat melauncing Transformasi Pertanian. (Foto-Istimewa)

Indralaya, KoranSN

Transformasi pertanian merupakan Program Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam yang diluncurkan pada tahun 2020, bertepatan dengan perayaan HUT Kabupaten Ogan Ilir ke-16 tahun.

Melalui program ini, petani akan dididik untuk mengubah pola cara bertani dengan sistem pertanian tradisional menjadi lebih modern. Salah satunya, dengan memanfaatkan alat-alat mesin pertanian (Alsintan) modern yang dipinjamkan oleh Pemerintah Kabupaten OI kepada kelompok tani.

Sasaran program ini, Pemerintah Kabupaten OI akan mengutamakan pemanfaatan lahan tidur yang akan dijadikan lahan pertanian produktif. Sehingga dapat memberikan nilai tambah, baik bagi lingkungan maupun bagi perekonomian di masyarakat.

Baca Juga :   Warga Pelosok Kini Miliki Rumah Pintar

Manfaat transformasi pertanian ini, salah satunya relokasi lahan tidur yang selama ini terbengkalai di Kabupaten OI. Selain itu mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah), mendidik petani untuk lebih mandiri, mengajarkan modernisasi pertanian, meningkatkan jiwa bertani di kalangan masyarakat, dan meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan untuk mekanisme tahapan Program Transformasi Pertanian yang akan dilaksanakan, yaitu petugas akan mendata jumlah lahan tidur yang ada di seluruh Kabupaten OI, bagi warga yang memiliki lahan tidur juga dapat mendaftarkan diri pada PPL yang bertugas disetiap desa dan kelurahan.

Baca Juga :   9 Negara Pastikan Ikuti Triboatton di Empat Lawang

Pelaksanaan kegiatan bantuan untuk program tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2021. Dimana masyarakat dapat mulai mengelola lahan-lahan tidur yang ada di daerahnya. (man)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Pembangunan Flyover Untuk Jalur Kereta Api

Muara Enim, KoranSN Dalam mendukung kemajuan kerjasama pemanfaatan Aset PT.KAI dengan Pemerintah Daerah, dilaksanakan rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.