Tren dan Peluang Bisnis 2021 yang Harus Diketahui UMKM

Tokopedia. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Pandemi COVID-19 mendorong kemunculan lebih banyak UMKM di Indonesia, termasuk di platform e-commerce.

Berdasarkan data Tokopedia, ada peningkatan jumlah penjual dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, “Tokopedia berkomitmen mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi. Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting.”

Baca Juga :   Tata Indonesia Rebut Juara Adu Cakap Teknisi Global

Dia membagikan, beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat.

Makanan dan Minuman

Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat.

“Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras,” jelas Ekhel.

Baca Juga :   Mahindra Bisa Jual Roxor, Sempat Dituduh Jiplak Jeep

“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020,” tambah Ekhel. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Tips Dekorasi Ruangan Agar Lebih Meriah Sambut Ramadhan

Jakarta, KoranSN Tahun ini menjadi tahun kedua warga muslim Indonesia harus menjalani ibadah puasa Ramadhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.