Truk Peti Kemas Terbalik di Demang Lebar Daun, Satu Keluarga Terluka





Proses evakuasi truk tronton muatan kelapa yang terguling menutupi ruas jalan di kawasan Jalan Demang Lebar Daun, di dekat Simpang Pakjo Palembang. (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Truk peti kemas bermuatan kelapa yang hendak menuju kawasan Boombaru, Senin (19/8/2019) pukul 04.00 WIB terbalik dengan kondisi melintang menutupi Jalan Demang Lebar Daun Palembang.

Akibat kejadian ini, satu keluarga yang merupakan pengemudi truk, Ahmad Kurniawan alias Wawan (38) dan istrinya Noni (24) serta anak balitanya yang berusia 2 tahun terluka dan dilarikan ke Rumah Sakit Bunda Palembang.

Kanit Turjawali Sat Lantas Polresta Palembang, Iptu Herman mengatakan, usai mendapat informasi terjadinya kecelakaan tunggal truk peti kemas tersebut, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian mengevakuasi sopir truk berserta penumpangnya yang terluka ke rumah sakit.

“Jadi, atas kejadian ini sopir truk bersama istri dan anaknya terluka, dan semua korban sudah kami bawa ke rumah sakit. Setelah itu, kami dari Sat Lantas Polresta Palembang bersama Dishub berkoordinasi mengalihkan arus lalu lintas dengan menutup arus di lokasi kejadian, yakni dari arah Simpang Angkatan 45 menuju Simpang Fly Over Polda Sumsel. Ini dilakukan karena truk yang terbalik menutupi badan jalan hingga kami membutuhkan waktu dalam mengevakuasi truk tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga :   Setelah Tetapkan Dua Tersangka BSB, Kejati Agendakan Lagi Panggil Para Saksi

Masih dikatakan Herman, evakuasi truk baru dapat dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB, sehingga arus lalu lintas di Jalan Demang Lebar Daun kembali normal.

“Kejadian terbaliknya truk peti kemas muatan kelapa ini terjadi karena mesin kendaraan yang diduga tidak kuat saat menaiki tanjakan di TKP. Akibatnya, truk berjalan mundur kemudian terbalik dengan kondisi melintang menutupi badan jalan,” tandasnya.

Terpisah, Kanit Lakalantas Polresta Palembang, Iptu Bambang mengatakan, dari kejadian tersebut membuat arus lalu lintas di Jalan Demang Lebar Daun Palembang lumpuh sekitar 6 jam.

“Kemacetan terjadi di kawasan Jalan Angkatan 45. Sementara untuk lokasi tempat truk peti kemas tersebut terbalik kami tutup selama evakuasi dilakukan. Sedangkan untuk kendaraan yang melintas, kita alihkan ke jalan alternatif. Namun setelah truk tersebut sudah dievakuasi, arus lalu lintas di Jalan Demang Lebar Daun kami buka kembali,” ungkapnya.

Masih dikatakan Bambang, adapun penyebab terbaliknya truk peti kemas tersebut berawal saat pengemudi truk mendengar suara seperti ada yang bocor dari bagian bawah kendaraan, sehingga sopir truk menghentikan laju kendaraannya.

Baca Juga :   Polresta Terus Tindaklanjuti Dugaan Korupsi Tugu Batas Kota Palembang

“Saat berhenti truk peti kemas itu berada di posisi lajur sebelah kiri, kemudian sopir truk turun mengecek kondisi kendaraan. Karena saat itu sopir truk melihat tidak ada ban yang bocor lalu si sopir kembali naik ke dalam truk untuk melanjutkan perjalanan. Nah, ketika itulah truk tersebut berjalan mundur lalu terbalik melintang menutupi jalan di TKP,” paparnya.

Diungkapkannya, dikarenakan saat truk terbalik terjadi benturan kuat yang membuat bagian depan kendaraan rusak sehingga sopir bersama penumpangnya terluka.

“Kini ketiga korban dirawat di rumah sakit sehingga kami belum mengambil keterangan lebih lajut kepada sopir truk tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk kendaraan truk yang terbalik kini telah diamankan di Pos Laka Pakjo usai truk tersebut berhasil dievakuasi.

“Selain itu, kami juga telah memeriksa saksi-saksi guna melakukan penyelidikan terkait kecelakaan tunggal yang terjadi tersebut,” pungkas Bambang. (ded)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Ruben Achmad: Tergantung Alat Bukti yang Ditemukan KPK!

Palembang, KoranSN Pengamat Hukum Sumsel dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr H Ruben Achmad SH MH, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!