Uji Publik Harus Dilakukan





Suasana Rapat Uji Publik Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Muara Enim. (Foto-Yudi/KoranSN)

Muara Enim, KoranSN

Pj Bupati Muara Enim Teddy Meilwansyah melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamaluddin membuka Rapat Uji Publik Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daeah (KLHS RPJMD) Kabupaten Muara Enim yang dilangsungkan di ruang Rapat Pangripta Nusantara Bapppeda Muara Enim, Kamis (30/8/2018) sekitar pukul 09.00 wib.

Dikatakan Amrullah saat ini dilaksanakan tahapan uji publik yang pertama sebagai tahapan lanjutan dari penyusunan KLHS RPJMD. Sebagaimana tertuang dalam pasal I peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan nomor 69 Tahun 2017 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 45 tahun 2016 tentang tata cara penyelenggaraan kajian lingkungan hidup strategis.

Dijelaskannya, KLHS adalah rangkaian analisis yang sistemats, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan atau kebijakan rencana dan atau program.

Baca Juga :   HPP Muratara Gelar Dialog Kedaerahan

“Sangatlah tepat, kehadiran kita dalam acara ini, sebagai penagejawantahan makna partisipatif dalam penyusunan KLHS RPJMD ini. Secara mandiri kita mengevaluasi capaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang selama ini telah dilakukan sesuai dengan arahan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,”ulasnya.

Dilanjutkan Amrullah, dalam paparan Tim Ahli, secara rinci akan terlihat pencapaian tersebut sebagai bagian dari self assesment bagi perangkat daerah untuk menyiapkan berapa target yang bisa dicapai lima tahun mendatang. Sehingga tugas-tugas tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut dapat dicapai melalui program dan kegiatan yang akan dituangkan dalam RPJMD Tahun 2018-2023 dan tentunya disinkronkan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Baca Juga :   Minta Dinaikkan Status

Menurut Amrullah, pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya menjadi tugas pemerintah daerah namun secara sinergi dibutuhkan peran serta masyarakat dan dunia usaha. Melalui kegiatan ini diharapkan masukan atas program-orogram yang secara empiris nantinya dipaparkan oleh Tim Ahli.

Amrullah mengajak untuk mewujudkan tugas-tugas pembangunan berkelanjutan sebagai amanat dunia internasional yang tertuang dalam sustainable development goals dan amanat Peraturan Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

“Semoga upaya dan langkah yang dilakukan ini nantinya memberikan kontribusi baik bagi program dan kegiatan pembangunan lima tahun mendatang dan secara lingkungan hidup startegis dinyatakan layak dilaksanakan,”ungkap Amrullah. (yud)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

IPA Bersih di Jejawi Siap Layani 500 Pelanggan PDAM Baru

Kayuagung, KoranSN Pemkab OKI bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel Ditjen Cipta Karya kian memperluas …