UMP 2017 Rp 2.388.000

s
Kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi, Ismail Hanafi . (foto-robby/koransn.com)

Lahat, KoranSN

Bupati Lahat, H Aswari Rivai SE melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans), Ir H Ismail Hanafi MTA membenarkan, per 1 Januari 2017 mendatang, upah minimum provinsi (UMP) mulai diberlakukan.

“Sah, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Ir H Alex Noerdin SH telah membubuhkan tanda tangan pengesahan kenaikan UMP 2017 tertanggal 31 Oktober 2016 dengan besaran Rp 2.388.000,” katanya, ditemui, di ruang kerjanya, Kamis (24/11/2016).

Dimana, sambung dia, hal itu dituangkan dalam keputusan Gubernur Provinsi Sumsel No 669/KPTS/DISNAKERTRANS/2016 tentang Upah Minimum Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017.

Baca Juga :   Bupati Lahat Besuk Warga yang Keracunan Massal

“UMP sebesar yang disebutkan diatas diberikan setiap bulannya dengan standar tujuh jam kerja sehari dan/atau 40 jam kerja seminggu. Bagi karyawan perusahaan tidak memenuhi diatas dikembalikan kepada manajemennya masing-masing,” ungkap H Ismail Hanafi.

Untuk perusahaan menengah kebawah ataupun dikatakannya,  sulit untuk menerapkan UMP bagi perusahaan-perusahaan skala menengah kebawah maupun toko-toko klontong, hanya saja disarankan disesuaikan dengan kemampuan keuangannya dan memberikan upah kepada karyawannya.

Ia mengungkapkan, jajaran Disnakertrans Kabupaten Lahat akan memantau dan memonitoring ke setiap perusahaan, apabila per 1 Januari 2017 mendatang mulai diberlakukannya UMP baru.

Baca Juga :   Pembobol Indomaret di Lahat Dibekuk

“Disamping itu, kita membuka aduan, apabila karyawan dalam penerimaan upahnya tidak sesuai UMP baru, supaya dipanggil perusahaan dan dicarikan formulasi terbaik, pun, ini juga diterapkan bagi mereka bekerja sebagai outsourching,” tandasnya. (rob)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Bupati Lahat Buka Secara Resmi Festival Tari Kreasi Tradisional dan Lagu Daerah

Lahat, KoranSN Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi daerah, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata …