UN Selesai, Kunci Jawaban Beredar di OKI





Lembar bocoran kunci jawaban UN 2016 tingkat SMA di OKI yang beredar. (foto/Maniso)
Lembar bocoran kunci jawaban UN 2016 tingkat SMA di OKI yang beredar. (foto/Maniso)

Kayuagung, KoranSN

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2016 tingkat SMA/MA dan SMK sederajat telah selesai, namun UN di Kabupaten OKI menyisakan cerita menarik. Beredarnya lembar kunci jawaban yang diduga bocoran kunci soal beberapa mata pelajaran UN menjadi topik pembicaraan di publik.

Bocoran kunci jawaban soal UN untuk SMA program IPA terdapat pada mata pelajaran Fisika, dengan beberapa kode soal. Bagi program IPS, kunci jawaban soal yang beredar adalah mata pelajaran Sosiologi dan Ekonomi yang juga lengkap dengan beberapa kode soal.

Fenomena beredarnya kunci jawaban soal UN di OKI kini menjadi pembicaraan hangat karena setiap tahun peserta UN dari Kabupaten OKI selalu menduduki peringkat pertama nilai UN tertinggi di Provinsi
Sumsel.

Baca Juga :   Wako Minta KTNA Pagaralam Tingkatkan Derajat Petani

Narasumber terpercaya yang meminta identitasnya tidak dipublikasikan, Senin (11/4/2016) kepada rekan media massa mengatakan, lembar kunci jawaban soal UN yang beredar memang lembar kunci jawaban soal UN tahun 2016. Dugaan kuat, soal-soal UN untuk OKI telah bocor 3 hari sebelum pelaksanaan ujian.

“Kabarnya soal UN telah dibuka oleh oknum-oknum sebelum pelaksanaan ujian. Tujuannya untuk membuat kunci jawaban soal,” ungkap narasumber tadi yang menjelaskan lembar-lembar kunci jawaban soal UN ini didapat dari seorang siswa dari sebuah SMA di Kayuagung.

Tambahnya, dari keterangan siswa tadi, lembar kunci jawaban soal sengaja diberikan guru pengawas di beberapa sekolah di Kayuagung. “Jadi tujuannya mungkin agar nilai siswa bisa besar, terutama bagi
siswa yang anak pejabat,” terangnya.

Baca Juga :   Polres Lubuklinggau Gelar Nobar Film 22 Menit

“Diduga pembuatan lembar kunci jawaban soal UN dikoordinir oleh beberapa oknum kepala sekolah,” cetusnya. Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan OKI Drs H Zulkarnain MM diwakili Sekretaris Dinas H Husni SPdI dikonfirmasi wartawan membantah telah terjadinya kebocoran soal UN.

“Tidak ada beredar lembar kunci jawaban soal UN. Lembar kunci jawaban yang beredar tersebut diduga ulah dari oknum yang tidak bertanggungjawab dengan maksud merusak citra Dinas Pendidikan OKI,” terangnya. (iso)





Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Delapan Tahun Berdiri, Dirut PT SBS Apresiasi Seluruh Karyawan

Muara Enim, KoranSN PT Satria Bahana Sarana (SBS) yang merupakan grup PT Bukit Asam Tbk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!