UNICEF: Jumlah Pengungsi Anak-anak di Sudan “Terbesar di Dunia”

Lembaga-lembaga bantuan telah memberikan bantuan yang menyelamatkan jiwa di Sudan sejak perang saudara meletus pada 15 April 2023. (Foto-Antara/Xinhua)

Jenewa, KoranSN

Badan PBB untuk anak-anak UNICEF pada Jumat (9/2/2024) memperingatkan bahwa jumlah anak-anak di Sudan yang terpaksa mengungsi dari tempat asalnya pada saat ini telah menjadi yang terbesar di dunia.

Menurut badan tersebut, sekitar 3 juta anak-anak di Sudan terusir dari tempat tinggal mereka akibat perang saudara yang merebak sejak April 2023 lalu. Selain itu, ada 2 juta lainnya yang masih mengungsi akibat krisis-krisis sebelumnya.

Baca Juga :   Kunjungi Ceko, Menko Polhukam dan Menkumham Buka Lebar Peluang Repatriasi Korban Pelanggaran HAM Berat

Juru bicara UNICEF James Elder dalam konferensi pers mengakui mendengar kabar krisis kemanusiaan saat kembali mengunjungi Sudan, setelah terakhir datang ke negara itu saat konflik di Darfur 20 tahun yang lalu.

“Ketika saya kembali ke sana pekan lalu, Saya dengar kabar-kabar orang tewas akibat malnutrisi maupun kekerasan. Saya juga bertemu banyak anak-anak muda berusia 20-an yang mimpinya telah pupus,” ucap Elder.

Sudan tengah dilanda perebutan kekuasaan antara militer Sudan, yang dipimpin oleh Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, ketua Dewan Kedaulatan yang berkuasa, dan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) pimpinan Hemedti. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Jepang Tak Lakukan Perubahan Pembatasan Meski Muncul Varian Omicron



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Warganya Ditolak Masuk, Thailand Minta Korsel Perketat Seleksi Turis

Seoul, KoranSN Thailand meminta Korea Selatan untuk memperketat proses seleksi pra-masuk bagi turis atau pengunjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!