Unsri Gandeng Tiga PTS Lakukan USMB



Kolaborasi– Rektor UNSRI Anis Saggaf (peci Putih) bersama perwakilan tiga perguruan tinggi swasta (PTS), Universitas Tridinanti (Unanti) Palembang, Universitas PGRI Palembang dan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Palembang saat menggelar konferensi pers di gedung KPA Unsri Kampus Bukit Besar Palembang. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Dalam melakukan Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Sarjana dan Diploma Tahun 2017, Universitas Sriwijaya (Unsri) menggandeng tiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) guna bekerjasama dalam penerimaan mahasiswa baru. Pendaftaran registrasi online mulai dari tanggal 1 Juni sampai 17 Juli 2017.

Rektor Unsri, Prof Anis Saggaf mengatakan, program tersebut merupakan program dari Unsri yang sejak lama ingin di implementasikan, sekaligus menindak lanjuti anjuran dari Menteri Pendidikan, bahwa PTN punya kewajiban untuk mengayomi PTS.
Dilanjutkannya, perguruan tinggi yang diajak untuk bekerja sama hanyalah perguruan tinggi yang terakreditasi. Hal ini dilakukan sekaligus dalam rangka memotivasi PTS yang belum terakreditasi agar bisa mendekat ke Unsri.

“Kita mengajak seluruh PTS yang ada di Sumsel, namun terlebih dahulu dilakukan verifikasi, jadi tidak hanya yang di Palembang saja, tidak menutup kemungkinan PTS yang ada di daerah juga diajak bekerja sama asalkan sudah terakreditasi. Namun, sekarang kita baru bekerja sama dengan tiga PTS sekalian sambil jalan,” ungkapnya usai melakukan konferensi pers di Gedung KPA Unsri di Jalan Srijaya Negara Bukit Palembang, Jumat (2/6/2017).

Baca Juga :   Palembang Perkenalkan Rumah Limas dalam Indonesia City Expo di Makasar

Dijelaskannya, pembukaan pendaftaran USMB ini dari tanggal 1 Juni sampai 15 Juli 2017, sedangkan ujiannya akan dilakukan pada tanggal 18 Juli. Secara tekhnis setiap PTS membuka lima Program Studi (Prodi), Namun yang boleh dipilih maksimum hanya dua prodi disetiap perguruan tinggi.

“Pembukaan pendaftaran USMB ini akan dimulai serentak pada 1 Juni sampai 17 Juli 2017, pendaftaran onlinenya melalui www.usm.unsri.ac.id dan website PTS masing-masing, untuk pilihan kesatu setiap mata pelajaran perguruan tinggi bisa diambil dan pilihan ke dua juga bisa diambil, asalkan di perguruan tinggi yang lain sama mata pelajarannya,” jelasnya.

Baca Juga :   Belum Ada Penetapan Tersangka, Kejati Tegaskan Masih Tetap Periksa Saksi Dugaan Korupsi SERASI 2019 di Banyuasin

Sementara, Rektor Universitas PGRI Palembang, Syarwani Ahmad menuturkan, pihaknya merasa terbantu dalam penerimaan mahasiswa baru dengan adanya program seperti ini.

Ia melanjutkan, Universitas PGRI Palembang sendiri menerima mahasiswa baru keseluruhannya berjumlah 2500 mahasiswa untuk 19 Prodi dari lima Fakultas.

“Kita tidak akan membuka penerimaan mahasiswa baru, apabila kuota sudah terpenuhi dengan adanya program USMB ini,” ujarnya.

Ia berharap, program tersebut, kerjasamanya akan secara berkelanjutan guna meningkatkan mutu pendidikan PTS.

“Kami berharap kerja sama ini berjalan dengan baik dan minat mahasiswa baru nantinya bisa meningkat untuk penilaian akreditasi institusi,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Rabu Ini Finda Mantan Wawako Palembang Dipanggil Kejari Terkait Penyelidikan Dugaan Korupsi Dana Hibah PMI

Palembang, KoranSN Fitrianti Agustinda atau Finda mantan Wakil Walikota (Wawako) Palembang yang juga Ketua Palang …

    error: Content is protected !!