Upacara Pemkab PALI Peringati Hari Lahir Pancasila

Tampak bendera merah putih ketika dikibarkan dihalaman Pemkab PALI. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada Kamis (1/6/2017), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI bersama unsur Muspida dilingkungan Kabupaten PALI menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Halaman Kantor Bupati PALI di Jalan Merdeka Km 10 kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi.

Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam pidatonya menerangkan, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang di mulai dengan rumusan Pancasila tanggal 01 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Soekarno.

“Piagam Jakarta, tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila, tanggal 18 Agustus 1945 lahir dari jiwa besar para founding father, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara,” katanya.

Untuk itu, lanjut Ferdian sehingga bisa membangun kesepakatan dan pemersatu bangsa. Oleh karena itu, generasi penerus bangsa agar tetap menjaga keutuhan NKRI dan menjaga persatuan.

Baca Juga :   Sidak BNN Empat Lawang, 19 Tahanan Negatif Narkoba, Sita 60 Hp

“Tidak ada pilihan lain kecuali kita sebagai generasi penerus harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila, seluruh anak bangsa harus menyatukan hati pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, mempunyai jiwa gotong royong dan toleran,” terangnya.

Menurutnya, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke berbagai etnis, adat istiadat, bahasa, agama dan kepercayaan serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia yang dinamakan bhineka tunggal Ika.

“Kini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah dengan adanya penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan kabar bohong atau hoax. Hal demikian harus kita sikapi dengan bijak dan tetap waspada,” jelasnya.

Baca Juga :   Jadi Kurir Ekstasi Ibu Empat Anak Kembali Masuk Penjara

Dengan adanya Pancasila, Ferdian menjelaskan bahwa diharapkan negara ini bisa terhindar dari radikalisme, terorisme, konflik sosial dan perang saudara.

“Dengan Pancasila dan UUD 1945 dengan bingkai NKRI dan bhinneka tunggal Ika kita bisa terhindar dari itu semua. Kita bisa hidup rukun dan berdampingan. Dengan Pancasila Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai,adil dan makmur ditengah kemajemukan,” harapnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gol Injury Time Morata Buat Juventus Susul Barcelona ke Babak Gugur

Jakarta, KoranSN Gol menit kedua injury time yang dicetak Alvaro Morata membuat Juventus menyusul Barcelona …