Upaya Pencegahan Korupsi Wujudkan Pilkada Berintegritas



Bila ini terjadi, ia menegaskan tak akan segan-segan melaporkan ke Kepolisian untuk memidanakan-nya sebagai pidana kebohongan publik.

Sementara itu, Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mendorong seluruh pasangan calon dan para pemilih dalam pilkada untuk mewujudkan pilkada berintegritas. KPU selalu menyampaikan kepada konstituen dalam setiap program pendidikan pemilih untuk menolak politik uang.

Sedangkan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan mengemukakan, kualitas dan integritas pemilihan di tingkat daerah merupakan salah satu indikator kesuksesan demokrasi.

Baca Juga :   Melawan, Tersangka Curanmor Dilumpuhkan Petugas

Penyelenggaraan Pilkada berintegritas merupakan syarat mutlak terwujud-nya pilkada berkualitas. Ia menegaskan politik uang merupakan pelecehan terhadap kecerdasan pemilih yang merusak tatanan demokrasi dan meruntuhkan harkat dan martabat kemanusiaan.

Pembekalan itu nantinya diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada calon kepala daerah dan penyelenggara memahami modus-modus korupsi dalam penyelenggaraan pilkada dan cara menanganinya.

Selain itu, setelah terpilih diharapkan calon kepala daerah memahami bagaimana mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan bagi masyarakat pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya secara jujur. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pasti Akan Ada Tersangka Lagi Dalam Dugaan Korupsi Masjid Sriwijaya

Palembang, KoranSN Dalam penyidikan dugaan kasus korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang kedepannya pasti akan ada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.