UPT Pariwisata Candi Bumi Ayu Minta Sumbangan ke TKS

 Fahrul Rozi.
Fahrul Rozi.

PALI, SN

Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pariwisata Candi Bumi Ayu yang berlokasi di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI harus meminta sumbangan kepada Tenaga Kerja Sukarela (TKS) untuk operasional kerja UPT tersebut, lantaran tidak pernah mendapat kucuran dana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Hal ini diungkapkan Kepala UPT Pariwisata Candi Bumi Ayu, Fahrulrozi, Senin (11/1).

Menurutnya, hal itu dilakukan karena instansi yang dipimpinnya tersebut semenjak dibentuk hingga saat ini, tidak pernah mendapat anggaran untuk operasional dari Pemkab PALI.

“Semenjak UPT ini dibentuk sepengetahuan saya tidak pernah ada kucuran anggaran untuk operasional. Akibatnya, para TKS diminta sumbangan agar kegiatan kantor bisa terus berlangsung,” ungkap Fahrul.

Adapun besaran sumbangan lanjut Fahrul bervariasi, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per TKS. Jumlah TKS yang ada 216 orang. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya 246 orang. “Beberapa dari mereka telah mengundurkan diri,” kata Fahrul.

Baca Juga :   RSUD Tambah 7 Ruang Klinik Untuk Pasien

“Uang hasil sumbangan tersebut biasanya digunakan untuk membayar listrik per bulan, beli Alat Tulis Kantor (ATK), bensin untuk mesin pemotong rumput, dan keperluan kantor lainnya,” tambahnya.

Terkait nihilnya bantuan anggaran operasional UPT Pariwisata Candi Bumi Ayu tersebut, Fahrul juga mengaku sudah pernah mengajukan pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten PALI. Namun hingga sekarang tak pernah ada realisasi.

Sementara itu, salah seorang TKS yang bekerja di sana menuturkan, bahwa mereka tak punya pilihan. Jika tak bersedia menyumbang, bukan tak mungkin kantor tempatnya bekerja itu akan ditutup, karena tak bisa beroperasional.

Baca Juga :   Peserta Bengkulu dan Lampung Mendaftar Kejurda Lari 10K di PALI

“Padahal honor kami sangat kecil. Hanya Rp 600.000 per bulan. Namun, kalau tidak menyumbang, UPT ini bisa tutup, karena tak bisa beroperasional, sedangkan kami juga perlu kerja,” ujar pria yang tak bersedia namanya ditulis itu lirih.

Terpisah, Kepala Disporapar Kabupaten PALI Drs Darmawi MSi, ketika dikonfirmasi SN via telpon, Senin (11/1), memastikan segera menganggarkan dana untuk UPT Pariwisata Candi Bumi Ayu.

“Ini lagi rapat, masalah itu akan segera kita anggarkan,” singkatnya ditelepon. (ans)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Heri Amalindo Sembuh dari Corona

PALI, KoranSN Setelah dinyatakan negatif dari Covid-19 oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.