Vendors Day Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Kerja







GM Pertamina RU III, Djoko Priyono (depan, kemeja hitam) saat acara Vendors Day di Gedung Patra Ogan. Selasa (8/8/2017). (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Dalam rangka penyegaran dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, Refinery Unit III menggelar kegiatan Vendor Day yang dibuka langsung oleh General Manager RU III Djoko Priyono di gedung Patra Ogan, Selasa (8/8/2017).

Rekanan vendor adalah salah satu bagian penting dari operasional RU III. “Dari 228 Vendor yang lulus Contractor Safety Management System (CSMS), selular 61% merupakan Vendor lokal Palembang. Sebuah kebanggaan bahwa rekan-rekan Vendor lokal dapat membuktikan kinerjanya,” kata Djoko.

Djoko menjelaskan bahwa kegiatan Vendor Day dilaksanakan sebagai bagian dari upaya berkesinambungan untuk membentuk budaya keselamatan kerja. Berdasarkan data International Labour Organization (ILO). 1 pekerja di dunia men’nggal setiap 15 detik karena kecelakaan kerja dan 160 pekerja mengalami sakit akibat kerja. Faktor penyebabnya beragam. namun yang utama adalah faktor manusia. faktor lingkungan. dan faktor peralatan.

Dalam hal ini, Vendor Day berfungsi sebagai pengingat kepada seluruh Vendor untuk tetap memperhatikan aspek keselamatan dalam setiap pekerjaan.

“Kegiatan Vendor day hadir sebagai bentuk perwujudan komitmen Pertamina dalam memberikan penyegaran dan meningkatkan perhatian akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja dan pada tahun ini kami hadir dengan tema “Safety is Not a Choice. but It’s a Must,” jelas Djoko.

Kegiatan Vendor Day ini di isi dengan dua acara utama, yakni sesi berbagi materi dan pengalaman oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang dan beberapa Vendor RU III mengenai keselamatan kerja serta pemberian penghargaan kepada Perusahaan Vendor. Safety Representative, dan Supervisor terpilih periode Januari 2016 hingga Juni 2017.

Baca Juga :   Menteri ESDM Sebut Kapasitas Pembangkit Capai 71 GW

“Semua yang terpilih sudah dinilai sesuai dengan kriteria penilaian yang dilakukan oleh RU III,” kata Djoko.

Djoko berharap Kegiatan Vendor Day ini dapat mengingatkan dan meningkatkan kesadaran untuk selalu menerapkan prinsip Zero Fatality agar terciptanya suatu budaya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja yang baik. “Keselamatan kerja itu bukanlah pilihan, tapi keharusan, semoga kita di RU Ill seluruh pekerja dan rekan-rekan vendor dapat terus menjaga keselamatan kerja,” tambah Djoko. (rls/fer)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Maksimalkan Layanan Digital, Bank Sumsel Babel Ajak Nasabahnya Gunakan Internet Banking

Palembang, KoranSN Sebagai bank yang mempunyai visi menjadi bank terkemuka dan terpercaya dengan kinerja unggul …

error: Content is protected !!