Wabah DBD Meluas, Bupati PALI Ajak Warga Lakukan 3 M

Bupati PALI saat memberikan edukasi kepada warga. (Foto-Anas/KoranSN)

PALI, KoranSN

Semakin meluasnya wabah demam berdarah dengue (DBD) di Bumi Serepat Serasan membuat Pemkab PALI menggelar gerakan massal 3 M, Rabu (26/12/2018).

Kegiatan yang langsung dipimpin oleh Bupati PALI, H Heri Amalindo ini dipusatkan di Lapangan Ampera Kelurahan Talang Ubi Barat. Kegiataan ini dibagi di dua wilayah yaitu; di Gang Masjid kelurahan Talang Ubi Timur serta Talang Tumbur kelurahan Talang Ubi Barat.

Kegiatannya sendiri berupa pemungutan sampah dan pembagian bubuk abate, serta pemberikan edukasi dan advokasi ke masyarakat terkait pencegahan penyakit DBD.

“Kita ajak masyarakat agar jaga lingkungan tetap bersih, dan kali ini kita melakukan kegiatan bersih-bersih dengan melibatkan seluruh OPD serta elemen masyarakat,” ujar bupati didampingi Ketua DPRD PALI, Sekda PALI, Polsek Talang Ubi, Danramil serta jajaran OPD dilingkungan Pemkab PALI.

Selain bersih-bersih, bupati juga mengajak masyarakat agar menerapkan pola 3M dalam membasmi mata rantai nyamuk penyebab DBD.

Baca Juga :   Jelang Pileg dan Pilpres 2019, Warga Binaan di Lapas Didata

“Menutup bak mandi, menguras dan mengubur sampah yang menyebabkan air menggenang merupakan program untuk menanggulangi DBD harus kita terapkan, agar lingkungan kita bebas dari nyamuk dan wabah DBD bisa ditekan,” ajaknya.

Sementara Plt Kepala Dinkes PALI, Lydwirawan menyebutkan, bahwa kegiatan bersih-bersih diharapkan terus dilakukan masyarakat secara rutin.

“Kita sudah upayakan penyemprotan atau fogging serta pemberian bubuk abate, tetapi upaya itu harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat dengan menjaga lingkungannya tetap bersih dan menerapkan pola 3M agar DBD tidak menyebar luas,” terangnya.

Di tempat yang sama, M. Anasrul selaku Ketua DPD KNPI Kabupaten PALI berharap kegiatan gerakan massal 3 M bisa menular ke masyarakat.

“Karena pada dasarnya gerakan massal 3 M hanya bersifat memberikan edukasi dan contoh kepada warga tentang pencegahan warga DBD di Kabupaten PALI, namun targetnya adalah memberikan kesadaran dan pengetahuan kepada warga mengenai pencegahan DBD,” ungkap Anas, sapaan akrab dari M. Anasrul.

Baca Juga :   PDIP Bantu Warga OKI Terdampak Ekonomi

Dirinya mengaku, bahwa kegiatan massal 3 M tersebut terinisiasi atas Pak Bupati serta Sekda PALI yang melihat wabah DBD yang telah memakan korban jiwa.

“Kalau berdasarkan data yang kami himpun, sedikitnya ada 8 warga PALI yang telah meninggal akibat DBD. Tentu kami berharap, angka tersebut tidak bertambah lagi. KNPI juga dalam hal ini akan terus mensosialisasikan kepada warga agar menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa lagi,” tegasnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Shafira Nanda Yendra Harumkan Emirates Islamic School Lahat

Lahat, KoranSN Kembali putra-putri terbaik dari Kabupaten Lahat menorehkan prestasi, dalam Kejuaraan Kompetisi Saint Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.